haha., bentar lg bakal ada brokerage yg mo keluarin downgrade
recommendation buat BUMI. lumayan gede jg sih.

tp ntar kita liat deh., yg jelas kalo downgrade nya kebangeten banget
"way below 5000" rasa2nya engga perlu terlalu dipikirin.

masih nopang ko., kuncinya sebenernya kalo udah ada analis yg bisa
confirm penjualan q4 itu nilai "riil" ato memang ada "late shipment".,
kuncinya ada di disclose kontrak jualan BUMI pasca h2 2007. soalnya
kalo ternyata late shipment yg akan mengejutkan entar q1 08 (dimana
efek jualan di harga tinggi baru REVENUE RECOGNITION).

yg jelas kemungkinan late-shipment krn enggineering laporan keuangan
bisa aja., soalnya kas dan trade receivable BUMI di q4 ada tumbuh 30
juta.  dan biaya pengupasan tanah sama biaya eksplorasi tangguhan ada
tumbuh 212 juta (ini mostly krn biaya pengupasan tanah, dan kita tau
ngupas tanah buat apa.).

temuan ini paling engga bisa lead 2 probabilitas ;

1. kontrak BUMI di h2 2007 memang sudah "ke-kunci" harganya alias
produksi selama h2 untuk penuhin kontrak penjualan yg udah deal di
harga yg kurang "baik"

2. biaya dan beban besar sudah dicatat sementara efek revenue
recognitionnya di carry over ke 2008 karena memang kontrak yang
harganya bagus adalah untuk pengiriman 2008.

entahlah, sebelum ada laporan lengkap kita cuman bisa meraba2., yg
jelas omongan gara2 pajak naek itu sebenernya ga signifikan tp yg
signifikan (absurd) adalah lemahnya revenue q4, padahal ada beban yang
naik besar dan ternyata cukup besar yg sifatnya tangguhan.

makanya saya bilang kmaren absurd... kaya ada yg aneeehhh gitu. apa
cuman perasaan saya doank yah??. komen plis??

-kayanya entar bisa ada yg marah ma saya for mentioning these info tp
gapapa emang kudunya disini bagi2 temuan ya gak ;P-

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Richard Rahardjo
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hati 2x bumi bisa di bawah 5000.

> You rock. That's why Blockbuster's offering you one month of
Blockbuster Total Access, No Cost.

Kirim email ke