  From: Dean Earwicker
  To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, April 03, 2008 6:07 PM
  Subject: Re: [obrolan-bandar] Re: KOnbfirmasi : BUY

  Iya kasih lewat aja dulu. Tidak perlu spekulasi nebak bottom, soalnya IHSG
sudah drop jauh sekali (-600 dari highest), jadi kemungkinan upsidenya masih
jauh. Ketinggalan sehari-dua hari tidak apa-apa.

  Inflasi... tiap tahun inflasi terus bukan? Tapi sekarang spread inflasi vs
suku bunga tipis banget, makanya investor mending pindah ke instrument yang
lebih aman spt bonds atau deposito. Agak dilematis, mau turun, stay atau naik
semuanya imbas negatif ke saham.

  Ya sabar sajalahâ„¢. Sekarang semua saham turun gara-gara BUMI (ada aja
rumor/news yang gak enak), tapi yang tidak terimbas inflasi langsung seperti
saham pertambangan akan rebound juga nantinya, karena demand tidak terpengaruh.
Lagipula harga-harga komoditas sekarang cenderung melemah terutama CPO yang
kemungkinan besar inflasi bulan-bulan kedepan juga akan turun.

  Data reksadana tidak ada redemption besar-besaran, malah ada sinyal akan ada
subscription. BEI bukan sekali dua kali kena crash, jadi santai saja. Pada
akhirnya saham pertambangan + agri yang akan angkat IHSG lagi, seperti yang
sudah-sudah.

  Untuk investasi jangka panjang, saham AALI dan LSIP (contoh) cukup
menjanjikan karena fundamentalnya bagus dan PER nya sudah cukup murah. Tapi
kalau mau aman, tunggu semua lapkeu keluar, biasanya market akan melakukan SELL
ON NEWS. Setelah mereda, baru boleh pilih-pilih saham yang lapkeunya terbaik.
Hal ini sebetulnya sudah pernah terjadi, cuma masalahnya IHSG sempat
terpengaruh regional dan US, sedangkan banyak investor asing di BEI (seperti
Merril, Citi, dsb) kena kasus SPM.

  Dulu saya pernah memperkirakan bulan Mei akan ada gonjang-ganjing, tapi
ternyata dimajukan ke Maret-April.

  Regards,
  DE