Betul...setuju saya. Makanya saya selalu tanya ke org2 yg suka nanya saya beli
saham apa, "Are you an investor or a trader? Don't become a trader because you
are forced to (alias NYANGKUT ) but because you want to!"

Wiro Milis <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Buffet yg nggak ngerti TA aja udah segitunya Pak, apalagi klo ngerti
;-) hehehe

Market timing bagi Eyang Buffet emang nggak berarti, karena mainnya super
longterm, puluhan tahun. Klo udah timeframe begitu panjang, market timing jadi
tidak signifikan lagi pentingnya.

Investor suka bilang trader itu gambler, sedangkan
trader bilang investor itu biggest gambler.

Both can be true.

Dua2nya klaim dirinya bener, dirinya hebat.

Kenyataannya sih:
trader jadi trader, bukan jadi investor, karena GAK SANGGUP handle emosi lihat
volatility market, yang seringkali 1 tick bisa berarti puluhan atau bahkan
ratusan jt.
investor jadi invesor, bukan jadi trader, karena GAK SANGGUP trading keluar
masuk market dalam waktu singkat.

Yg penting masing2 pakai ilmu yg benar aja, gak dicampur2.

Best regards,
Wiro.