Jika ada lap keu nya coba bisa dicek book valuenya dan dicek *price to book
value ratio* (*PBV ratio*) nya

untuk menghitung book value = total equity/number of outstanding shares

kemudian cek dengan PBV ratio

P/BV=*price of stock/book value per share*

kalau nilai rasio dibawah 1, berarti saham IPO tersebut bisa dikatakan
murah.

Saran saja, mungkin untuk menilai harga wajar saham saat IPO lihat PBV
rata-rata industri sejenis

misal saham industri perkebunan rata-rata PBV-nya = 2, saham A book valuenya
Rp.200 maka seharusnya saham A dibuka saat IPO dengan harga wajar 2xRp 200 =
Rp. 400 ..... contoh saja.....

Mungkin Senior disini ada yang menambahi....

Salam,

-HA-

On 5/20/08, mike harnett <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>     sebenarnya hitung harga IPO,., untuk mahal murahnya gimana yahh?
>
> harga IPO itu kesepakatan atau ada hitungan matematisnya?
> kalau ada,.,. mohon dijelaskan.,, saya masih kurang paham,..
>

> thx,.
>

> --- On *Tue, 5/20/08, abdulrahim abdulrahim <[EMAIL PROTECTED]>
> * wrote:
>
> From: abdulrahim abdulrahim <[EMAIL PROTECTED]>
> Subject: Re: [obrolan-bandar] Apa Bagusnya Saham IPO ? ... GZCO..ijo aja
> ngga mau nanjak

> [...]