From: Dean Earwicker <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [obrolan-bandar] Frequency - The forgotten indicator (for nubie yang
sabar)
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Date: Sunday, May 25, 2008, 5:45 PM

            Minggu yang cerah! Sambil iseng sore-sore begini bikin riset TA
kecil-kecilan, saya menemukan hal yang menarik yang mungkin bisa
dianalisa oleh kawan-kawan di OB. Saya membuat analisa dengan Frekuensi
sebagai salah satu parameternya, karena saya melihat frekuensi jarang
sekali digunakan dalam analisa TA, maka saya coba mengkompilasinya
dalam bentuk powerpoint.

Data diperoleh langsung dari BEI.

Ok, let's start!

Problem
Selama ini permasalahan klasik dari trader adalah kesulitan untuk mengambil
posisi dan sering kali ketinggalan pesawat.
Kadang indikator TA konvensional seringkali laggard/ telat, bahkan dimanfaatkan
bandar untuk mengecoh massa.Bandar
– idealnya "menguasai medan" saat pasar (saham) sepi seakan tidak
bergerak. Sebelum menggoreng saham, harus akumulasi dulu.Akumulasi harus
dilakukan secara "diam-diam" yaitu mengumpulkan saham tanpa menyebabkan gerakan
harga yang signifikan.Selain itu jumlah order (freq) harus sesedikit mungkin
agar tidak terbaca di running trade dan daftar Top Freq.
Rata-rata trading tools seperti Metastock dan Amibroker tidak memperhitungkan
frekwensi transaksi
Solusi
Frekwensi adalah jumlah transaksi yang terjadi pada satu hari bursa untuk
setiap saham.
Volume yang besar dengan frekwensi kecil menandakan ada ORDER yang menggunakan
lot besarRetail jarang menggunakan lot besar bila harga sedang "tidur".Dilain
sisi insider/bandar berani ambil dengan lot besar karena sudah tahu
akan ada corp.act/lapkeu yang bagus yang diperkirakan dapat mengangkat
sentimen positif thd sahamUntuk itu saya coba memperhitungkan volume/frekwensi
^3 (pangkat 3).Kenapa pangkat 3? Ini secara matematis akan amplify
(memperbesar) secara chart agar mudah terlihat secara kasat mata.
Indikator
ini BUKAN menunjukkan bahwa harga akan bergerak, Cuma menunjukkan bahwa
saham ybs sedang mengalami order yang relatif dengan lot besar
dibanding rata-rata harianUntuk itu dicari saham-saham yang harganya tidak
bergerak banyak (sideways) untuk jangka waktu yang cukup lamaSaham-saham yang
seperti ini sekarang lagi banyak yang mulai menunjukkan tanda-tanda mau bangun.
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat attachment :) Semoga bisa cuan gede
seperti layaknya insider... hehe..

Btw,
ada indikasi besok akan ada BEAR TRAP, jadi hati-hati jangan kemakan
provokasi dan emosi sesaat. Biasanya barang bagus banyak yang nyela.
Senin kemungkinan besar akan negatif karena DJI jumat merah. Boleh beli
kalau masih ada dana. Beli apa? Mbuh...

Regards,
DE

Kirim email ke