--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Benny Soerjono <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> SIP : TBUMI

Minyak sdh tembus $138. Bila terjadi pelemahan US$ terus

menerus maka kenaikan harga minyak bisa tak terkendali.

Pelemahan US$ saat ini bersamaan dgn musim panas di Eropa dan

USA, biasanya musim panas minyak pasti naik juga.

Ini memang sdh luar biasa bahwa minyak bisa naik $10 per hari.

Saham CPO dan BC lainnya turun karena mendekati

pemgumunan BI rate saat itu.

3 faktor yg akan menentukan harga CPO :

- harga minyak international
- cuaca (yg menentukan hasil panen)
- harga soybean

CPO utk jangka panjang bisa lebih bagus dari batubara karena

saat ini industri otomotif sdh mulai melakukan penelitian

pemakaian biofuel utk mobil. Demikian juga nanti dgn industri

lainnya juga akan memakai biofuel. Sedangkan utk mobil tak mungkin

bisa pakai batubara. Jadi batubara akan dipakai di industri lain

saja seperti listrik dll.

Kirim email ke