OK!.. ya ada ngaruhnya jg sih kalo di pendekatan aset (Balance
Quality). YuP. Percuma jg kalo Reserve nya nambah tapi Produksi nya ga
bisa Men-utilisasi Reserve nya itu. bagus nya Constraint di KPC yg
area pertambangannya berdeketan en lagipula deket laut jadi relatif
lebih kecil Constraint Produksinya drpd Arutmin ato bahkan Peers Coal
Producer (PTBA Contohnya, Vast Reserves tp ada Natural Constraintsnya
di Jarak en kapasitas Distribusi..) kalo KPC tantangan Produksinya
tinggal bisa ga si Manajemen optimalin produksi dengan fasilitas yg
ada skrg sembari nunggu ditambahnya inovasi2 baru macem Port en Belt
baru ato jalan akses yg bisa nambah kapasitas produksi taunan.

Thanks Buat "Nimbrung-an"nya hehe

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Jeremia Jefferson
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> boleh ikut nimbrung ya kang...
>

>  RESOURCE itu biasanya hasil "eksplorasi", sementara RESERVE
(cadangan) itu yang "akan" dieksploitasi nantinya. ini sesuai dengan
izin tambang (makanya ada izin eksploitasi dan izin eksplorasi)

> tadi saya udah baca memo dari BUMI, itu hanya berupa penegasan saja.
>
> benar seperti kata kang ocoy: kalo resource itu biasanya hasil
dugaan dari para geologis menjawab pertanyaan "ada berapa cadangan di
dalam?" sementara kalo hasilnya udah FIX dan akan digunakan nantinya,
langsung berubah jadi RESERVE.

> saya rasa ini gak akan berpengaruh terhadap valuasi BUMI, gimanapun
juga, konsen nya sekarang harga kontrak terakhir dan produksi.

> salam

Release "New Coal Discovery"

> [...]
> Boleh di klaim jadi "Tereka". its a simple VALUE-RECOGNITION. ada
> prosedurnya. ini lumrah lah., jangan di BUMI, di ANTM en INCO jg kita
> udah biasa liat peralihan resources jadi reserves ketika area
> pertambangannya emang sdg diexplore.
>
> nah masalah abis ga abis. Iya Abis kalo Kondisi cadangan yg diakui
> sekarang udah FULL-COVERAGE. na ini kan baru wildly 50%.
>
> sorry, cuman "Reality-Check" aja. abis disamain ama TMPI sih.
>
> - TEMEN YANG NGERTI TAMBANG., BISA DIPERJELAS LAGI PROSES PENGAKUAN
> DAN PROSEDUR BAHWA BAGAIMANA "RESOURCES" BOLEH DIKLAIM JADI "RESERVES"-

Kirim email ke