Dear OB'ers,
Hasil RUPS TINS 12-06-08 : pembagian deviden Rp. 1.773,- persis 50% dari EPS
Rp.3.546,-. Agak kaget, tapi ya udahlah (kirain bisa segede BMRI 88,8%
hehehe). Toh laba ditahan nya digunakan untuk ekspansi batubara, dll. Arus
kas juga menjadi sangat sehat dan gede. Apalagi gak ada hutang.

Disetujui untuk stock split 1:10, mudah2an ini menjawab keluhan teman2 soal
gak likuid nya saham TINS. Habis stock split saham tins hancur seperti INCO,
ANTM, BBCA dan MIRA?? Wah sebuah analogi yang kelewat gegabah saya rasa.
Semua harus ditinjau kasus per kasus. Seandainya sesudah stock split tin lme
kian naik dan beberapa CA menjadi nyata hasilnya seperti batubara, masa sih
nekat mau rontokin TINS? Banyak yang bakal nampung kali....Coba lihat saham2
diatas yang rontok pasca SS, kan emang ada ceritanya. ANTM, INCO karena
nikel emang hancur. BBCA karena perbankan seluruhnya emang rontok. MIRA
karena pembelian APEX juga belum bisa dicerna dan dihitung2 right or wrong
nya. Sinergi MIRA-APEX juga belum keliatan kan? So, menganalogi kehancuran
harga saham pasca SS rasanya terlalu dini dan kurang pas.

Saya tambahkan disini bahwa dari kltm, harga tin rata2 per bulan Mei adalah
(ternyata) 24,040, jauh diatas perkiraan saya di posting kemaren yang hanya
23,200!! Dengan demikian, YANG SUDAH PASTI (di dunia saham, yang pasti itu
mahal lho dan sulit didapat), rata2 harga tin ingot selama 5bulan MENJADI  :
US$19,757/ton.
Sementara per Juni t=yang udah 12 hari ini, seluruh harga harian tin diatas
20K. So, dapat dikatakan kalau rata2 H1 tin dipastikan berada di level
19,00-20,000/ton semua di atas hitungan para analis.

Hari ini terjadi sesuatu yang menarik perhatian saya. Terjadi pembelian
panik stok tin lme sebesar 335ton. (lihat lampiran). Hingga tin dalam
warehouse berkurang drastis menjadi 7190ton. Dan ini sangat kritis. Rasanya
nanti malam di bloomberg bakal ada ulasan soal stock warehouse ini, juga di
basemetals .com.

Dengan harga 34550 hari ini dan deviden 1773 (dipotong pajak menjadi 1500),
maka TINS tetap bertengger di angka 36,000, sebuah harga yang sangat baik.
Belum lagi biasanya menjelang cum deviden ada kenaikan lumayan.

Setelah ulasan ini TINS rontok dan dimainin? Wah, bukannya udah biasa tuh
TINS sepi, digonjang ganjing hehehe? Santai aja kali ya...tetap pegang pada
IMBAL HASIL. Kalau imbal hasilnya gak memadai, mau dinaikin setinggi langit
harga sahamnya, kita tetap gak bisa tidur nyenyak. Karena kenaikan itu
sangat semu.

Selamat berinvestasi TINS.

Regards,

Angelo Ferdinand