menurut saya, mereka keluar sesuai dg komposisi porto mereka,
walaupun mrk masih merah sekarang, tapi target mereka belum
tentu utk saat skr bisa saja utk tahun depan (yg penting
mereka mengatur cash mrk, merah toh cuma nilai buku
sekarang). Apalagi yg mengelola dana besar, mereka bisa
mengatur market.
saat sekarang sebetulnya menurut perkiraan saya dunia sedang
over liquid, cuma dananya ke mana? kalau semua bursa bearish
ada kemungkinan dana masih masuk ke oil, dan kemungkinan
harga oil masih terus menanjak.

mid-long term saya masih optimis investasi di bursa (apalagi kalau
 cash saya banyak), krn kalau sekarang koreksi (besar) bukan
krn fundamental, inflasi justru sebenarnya sebaiknya tidak
memegang cash, krn org2 (kaya) biasanya langsung membeli
aset2.

semuanya sebenarnya game, pemenangnya tentu aja yg
pegang cash paling besar.
saya (modal kecil) cuma mencoba utk ikut game mereka,
hehehe...........

salam

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Aria Bela Nusa
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> YUP - saya perhatikan selama taon 2008 ini rapor FM, Reksa-
dana (mutual
> funds) banyakan masih merah2 - mereka dlm posisi kejepit
banget - kalo
> 'emang mau ke luar2 tentunya akan menanggung actual,
realized loss yg
> tidak sedikit
>
> Happy Chuan,
>
> Aria