saya bbrp bulan yg lalu iseng baca globe, yg isinya 100 org terkaya di indo

top 10 yg terkaya kebanyakan geraknya di plantation.

dr pd bingung beli ato gak cponya , kl sy ngikut mereka aja deh mosok org
pinter kyk mereka yg bisa mjd org terkaya di indo, mau rugi mulu?hehehe

kl sy disuruh kumpul sector nickel ato cpo, sy lebih berani kumpul cpo banyak
banyak

Halim Mintareja <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Sedikit pendapat.

Buat long term investor saham CPO sudah tidak menarik lagi. Maybe until next
year.

Long term investor jarang sekali mencari posisi bottom, long term investor
cuman ingin posisi steady up dengan trend yang bagus. Saya perkirakan long term
investor baru akan mencoba melirik saham CPO tahun depan. Tentunya dengan
syarat harga CPO harus menemukan base terlebih dahulu. Sekedar perbandingan
aja. ASII pada waktu krismon pernah jatuh sampai 250. Apakah long term investor
masih di 250 ?? Setahu saya long term investor baru mulai masuk di 600-1000.

Kembali ke AALI. Adakah yang bisa meramal harga bottom CPO. Saya lihat di harga
sekarang AALI 18500 EPS 2019 dengan PE 9.12 murah ??

Nope..highly expensive..mengingat EPS 2000-an dicapai dengan average CPO
3300-3500 dengan NPM 34% plus TA CPO bullish. Bayangkan aja apa yang terjadi
dengan AALI kalau selanjutnya av CPO dibawah 3000 dengan CPO TA bearish ??.
Sekilas ORI aja masih lebih murah dibandingkan AALI.

Anyway..saya setuju juga jangan jual AALI dihari senin warna merah. Simple
aja....sudah OVERSOLD.
Tunggu reversal aja baru jualan.

Kalau niat invest buat anak cucu...forget itu....Butuh long konsolidation. Even
there is a miracle which can push CPO back above 3000 level... AALI still need
at least 2 months of cosolidation.

Anyway... Itu cuman analisa FA AALI aja (jangan dicomplain kalau ada TA CPO
ya...karena buat analisa FA saham komoditas musti belajar TA komoditasnya
juga).. gak tahu lagi kalau ada bandar butuh untuk jack up AALI demi
kepentingan saham lain. (pernah kejadian di bulan juni 2008 :D)

2008/8/10 jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]>
 --- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Insan Prakoso"
 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 > the CPO price is developing a "LONG TERM REVERSAL PATTERN"... that
 is , from
 > Bullish to Bearish .. currently testing support at RM 2,900.. it's
 breaking
 > already, isn't it ?

- Analisa harga AALI tidak bisa dilepaskan dari gerakan harga
   LSIP, karena selama ini kedua saham ini jalan beriringan.
 - LSIP saat ini ada dilevel 6500 yaitu harga LSIP thn 2007
   sebelum OIL BOOM. Oil saat ini 115 masih diatas 100 bukan ?.
   http://www.invest2000.net/plllsip.png
   Harga minyak pada 2007 itu ada dilevel 65.
   Jadi harga LSIP 6500 sudah OVERSHOOT KEMURAHAN BUKAN ? in
   comparison to oil price.
 - Kalo AALI mau diturunin lagi maka otomatis LSIP akan
   jatuh dibawah harga 2007 saat minyak ada dilvel 65 !!!
 - Secara grafis, AALI memang ada dilevel CRITICAL yaitu
   mau DIBABLASIN atau mau REBOUND...
   http://www.invest2000.net/pllaali.png

 Tapi buat long investor, harga DISCOUNT pada hari Senin
 is A BEST BUY...

 Jadi buat yang mau jual, MONGGO pasar di OFFER...

 Coba yang mau jual NGACUNG...