Yang jadi isu utama kan perjanjiannya, kalau sudah buat perjanjian sudah
tidak bisa back-off, makanya sebelum perjanjian bisnis dibuat selalu ada
yg namanya valuasi kontrak dan prospek kedepannya.  Makanya kalau orang
bisnis dalam membuat kontrak usaha tuh pasti ada proyeksi ke depannya
apakah akan menguntungkan bagi dia atau tidak dan diusahakan ada
klausul2 yg bisa menjadi loophole utk dia keluar dari perjanjian ataupun
merubah perjanjian secara legal agar tidak mengalami kerugian yg besar.
Nah dalam kasus LNG Tangguh ini semoga bisa muncul detail2 perjanjian yg
telah dibuat agar bisa dinilai apakah memang pembuat keputusan telah
melakukan tugasnya mengusahakan keuntungan sebesar2nya utk negara.

Btw memang pengaruh Megawati sangat kuat dalam pengambilan keputusan
pemenang tender dan keputusan perjanjian proyek LNG Tangguh.

[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Beda jauh Om. Kalo sampeyan juwal rumah, kejadiannya sekali saja.
>
>  Kalo ini juwal gas sejak 2002 s/d 20 thn kemudian (berdasarkan isi
> tulisan tsb) dgn harga yg sama.
>
> Tdk jelas apakah dikontraknya dijelaskan adanya peninjauan ulang harga
> setiap periode tertentu ( 1/2/3/4/5 thn sekali).

Kirim email ke