Saya setuju dgn anda pak Rookie, saham susah utk naik lagi utk sementara
waktu. Selama belum ada banyak "bensin"nya, "mobil" tidak akan bisa jalan
jauh...
Gimana index bisa 3000? Dari skrg naik 1000 poin loh...berat! Lupakan 4000
dulu deh...Target awang2...
Uang siapa yg akan dipakai utk drive index ke 3000? Uang BD lokal? Uang
asing lebih baik tapi dgn keadaan regional yg spt anda bilang, susah ya utk
asing balik ke emerging market...
Memang kalo uangnya gede (apalagi uang orang), masuk obligasi/MM instrumen
paling wise lah tp kalo uang ritel kan sedikit, masuk MM instrumen mah nggak
berasa. Masih mending main copet sana sini (trader), mungkin masih bisa beat
bunga obligasi...tapi resiko tentu besar (nyangkut/uang mati) kecuali kalo
memang minat invest dgn target investasi 5 thn ke depan.
Pinter2 masing2 individu deh buat juggling keuangan mereka dgn situasi yg
sulit sekarang ini. Pak Tbumi juga benar, bisnis riil skrg susah bukan
main...jadi kalo tidak kerja, dapat uang dari mana? hehehe

On 9/7/08, Rookie Kabu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>    Embah
>

> Ikutan kasih pendapat dengkul, boleh ya.
>

> Kalau menurut saya sepertinya butuh waktu untuk pemulihan di pasar saham
> kalau melihat kondisi sekarang, mungkin Desember saat yang
> tercepat. Spekulan, Hedging Fund dan yang lebih penting lagi Pension Fund
> sudah cabut dari Saham di emerging market. Di samping ekonomi Asia yang kena
> dampak, situasi geopolitik juga tidak kondusif. Contohnya:
>
> - Malaysia yang politiciannya berantem terus dan oposisi gerogoti Badawi
> terus

> [...]

Kirim email ke