Pak Hartanto,

Quiz ini untuk Investor bukan buat Trader karena kalo untuk
trader, yg lebih penting ialah Data technical.

Pada jawaban Pak Hartanto sepertinya belum disinggung mengenai
ROE, PBV dan PER saham ybs.

- PER menunjukan mahal/murahnya saham dibanding EPS (laba bersih
  per saham.
- PBV menunjukan mahal/murahya saham dibanding nilai buku per saham.
- ROE menunjukan Tingkat Return laba bersih dibanding Equity yg
  ditanam didalam bank.

Tentu masih banyak faktor yg belum diperhitungkan seperti Growth
dan Risk yg dibahas oleh pak Hartanto dibawah.

Case ini sudah masuk case selevel class MBA Finance, case
ini MUDAH jawabnya tapi gilanya semua orang akan punya
jawaban berbeda. Jadi mungkin jawaban yg paling BENAR ialah
jawaban yg LOGIKA dan PENALARANnya paling masuk akal.

Jawaban yg paling benar akan kita tahu setelah setahun lagi
kita lihat saham apa yg naiknya paling banyak...hehehe...

Jadi week end ini kita pura pura ada didalam Class MBA Finance
dan masing masing mencoba menjawab case INI.

Dan siapa tahu, dari jawaban2nya yg masuk, kita bisa mengambil
conclusi saham bank mana yg paling bgejozz dalam setahun..

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, David Hartanto
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalo saya pilih saham Bank yang less aggresive dalam penyaluran
kreditnya, terutama untuk sector konsumsi. Karena pada dasarnya
Banking kan harus selalu hati-hati dalam penyaluran kreditnya.
Kejatuhan Bank2 besar diUS, lebih disebabkan oleh banyaknya investasi
kepada sector konsumsi (housing) yang waktu itu dilihat returnya
lebih besar dibanding lending to sector riil.
> Jadi pilihan pertama BBCA, biar Bank Cape Antri tapi tetap jadi
Bank sejuta umat. Cost of Fund mereka rendah sekali dan sebetulnya
mereka sangat2 konservatif. Pilihan kedua ya BMRI karena kalau usaha
penyelesaian kredit macet yang masih banyak beres, untungnya pasti
besar.

_____
> Nama baru untuk Anda!
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan