Bukannya sy tdk senang jk ketentuan AR dbuat 10% (turun) & 30% (naik). Tapi
rasanya ini dibuat2,tdk fair & tdk rasional. Klo sekali tjd spt ini tanpa ada
SOP yg jelas, aplg jk ide ini dimunculkan krn msh ada yg nyangkut diatas,kmdn
dia bs keluar tanpa CL, justru akan jd preseden buruk. Smntr di sisi lain jk
saat peraturan AR "aneh" ini brlaku ada si "A" (kelompok investor "A") msk &
sehari stlh dia/mrk masuk peraturan AR kmbali normal (naik & turun max.30%) &
stlh itu hrg shm yg dbeli "A" dihajar turun hingga -30%, bolehkah si "A"
kembali minta BEI agar ketentuan AR "aneh" (turun/naik max.10%) kmbali
dberlakukan (smpai klompok "A" bs keluar tnpa CL tentu) ?
Klo si "A" bs minta rumus AR sesuai keinginan dia dan dipenuhi, bs jd suatu
saat tdk hnya si "A"/investor yg minta spt itu, tp emiten jg akan minta
ketentuan AR shmnya dibuat spt itu jk kondisi emiten shm tsb lagi bear (mgkn
krn laporan keuangannya jeblok). Akhirnya akan tjd ketidakpastian hukum AR dan
bs jd preseden buruk bg BEI yg akhirnya kpercayaan investor (bhkan mgkn invstor
asing) hilang krn peraturan yg bs berubah2. Mgkn saat ini semua sepakat AR
"aneh" hny brlaku seminggu sj. Tapi jk stlh sminggu trnyata bursa hancur2an
lagi, apakah msh tetap seminggu atau minta dperpanjang, atau minta lg dirubah
rumus AR mjd turun max 0,1% dan naik max 30% (or malah AR naik unlimited) ?
Tentu ini jg tdk mendidik invstor,tapi lbh brsifat memanjakan invstor dgn
peraturan yg bs dbilang pasti bikin untung (seburuk apapun kinerja emiten).
Maaf, skali lg, ini bkn krn sy tak nasionalis, tp sy cm mencoba brfikir logis.
Kita tentu lbh bangga kalau merdeka karena berjuang keras daripada merdeka krn
pemberian.

      Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail.com.