http://www.detikfinance.com/read/2008/10/17/110844/1021591/68/raja-short-selling-raup-rp-48-miliar-sejam-selama-krisis!

London - Ketika krisis menerpa, banyak investor yang
bersikap tidak rasional. Namun tidak dengan 'King of Short Sellers'
ini. Saat krisis finansial menerpa, ia justru bisa mengambil untung
hingga US$ 500 ribu atau sekitar Rp 4,8 miliar hanya dalam 1 jam.

Siapa
dia? Dia adalah Simon Cawkwell yang dijuluki "King of the short
sellers". Investor di London ini bertaruh di pasar saat bursa saham
jatuh, dan mampu meraup keuntungan 250.000 pounds atau sekitar US$
550.000 yang setara dengan Rp 4,8 miliar hanya dalam waktu satu jam
pada bulan ini.

"Saya cinta krisis karena itulah masa orang-orang menjadi bodoh," ujarnya
sambil menyeringai lebar.

"Saya
selalu menyukai pasar yang bergerak cepat, karena kebodohan-kebodohan
semakin sering membuat kesalahan, jadi saya siap untuk mengambil untung
dari itu," tambahnya lagi seperti dikutip dari AFP, Jumat (17/10/2008).

Cawkwell
kini tinggal disebuah flat mewah di distrik South Kensington, London
yang juga dijadikannya sebagai kantor. Dengan 4 layar komputer, Ia
memantau langsung pergerakan saham-saham sekaligus membuat prediksi
yang meyakinkan.

"Saya mungkin akan meraup untuk 3 juta poundsterling tahun ini," ujarnya dengan
pede.

Apa rahasia pria berusia 61 tahun ini sehingga selalu sukses berspekulasi?

"Saya
bekerja pada asumsi, bahwa saya adalah intelektual superior 1 diantara
100 orang. Saya berpikir sangat cepat dan hati-hati. Kepanikan adalah
bodoh dan saya tidak panik," ujar pria yang selalu tampil pede itu.

Short-selling
adalah transaksi jual yang dilakukan investor meskipun investor tidak
memiliki saham tersebut. Caranya perusahaan sekuritas meminjamkan
sahamnya atau saham investor lain buat investor yang akan bermain
short-selling.

Perilaku tersebut dituding sebagai salah satu
penyebab jatuhnya pasar saham di awal bulan ini. Sejumlah negara,
termasuk Inggris pun sempat melarang aksi short selling ini. Inggris
memberlakukan larangan short selling untuk 30 emiten.

Namun
menurut Cawkwell, dia masih melakukan praktik short selling ke saham
lain. "Saya toh tetap melakukan short-selling, tapi di perusahaan lain
yang tidak dilarang," tambahnya lagi.

Tingkah laku Cawkwell
mungkin akan mendapat kecaman dari berbagai pihak. Meski bisa disebut
sebagai seorang penjudi sejati melalui pertaruhan di pasar saham, namun
Cawkwell bersikukuh bahwa dia tidak berusaha membuat 'pertaruhan gila'
sebagaimana yang dilakukan pemerintah Inggris dalam satu dekade
terakhir.

Ia pun mengkritik Perdana Menteri Inggris Gordon
Brown, yang ketika menjabat sebagai menteri keuangan dituding telah
membuat sistem kredit sangat mudah.

"Masyarakat telah ditipu
dalam sebuah skala massal. Brown tahu tentang semua ini. Dan semua ini
adalah sebuah perjudian gila dengan membuat kredit berekspansi terus,
namun Anda tidak dapat membuat kredit tumbuh selamanya," ketusnya.
(qom/ddn)

Raja short selling indonesia siapa yah...belum dipublish juga nih