Mbah,

Sebenarnya apa yang menyebabkan tingginya harga CPO 2 tahun terakhir ?
apakah karena demand, atau hanya karena ulah bandar ? Kalau saya tidak salah
tangkap, salah satu issue yang menyebabkan diburu-nya CPO kemarin ini ada
hubungannya dengan pencarian alternatif bahan bakar dari minyak bumi ke
RENEWABLE resources. artinya ada kemungkinan harga CPO akan kembali naik
lagi seiring kenaikan harga minyak ? sedangkan BATU BARA banyak di-complain
dengan polusi-nya yang sangat tidak sejalan dengan issue GLOBAL WARMING yang
sedang ramai dijadikan komoditas oleh berbagai kalangan. jadi berapa besar
kemungkinan terjadi perubahan trend dari COAL ke sumber NABATI ?

Kalau harga CPO saat  ini katanya sudah mencapai titik dimana lebih mahal
ongkos metik dari pada harga mentahnya sendiri. seberapa jauh harga bisa
turun lagi ?

regards,
-toto-

Kirim email ke