Selama ada yg lebih murah, orang akan cenderung beli yg murah.

Apalagi industri, jika mereka pake bahan bakar yg bersih tapi mahal,
maka mereka tidak akan bisa bersaing dalam harga jual.

Negara Asia yg pake energi murah tentunya harga produknya akan
mengalahkan produk negara barat yg pake energi bersih.

Harga pokok pada industri listrik, baja, semen sangat dipengaruhi
oleh harga bahan bakar. Contoh pada industri semen katanya bahan
bakar untuk mengubah kapur jadi semen mencapai 40% ampe 50% dari
cost. Nah kalo energi batubara eqivalent dengan 3x energi minyak,
maka perobahan untuk pake clean energi bisa bikin Costnya naek
ratusan persen. Bisa jadi harga pokok lebih tinggi dari harga
pasar.

Jadi selama minyak harganya tinggi, batubara akan tetap DIBURU
untuk pembangkit listrik seperti PL Suralaya baru yg akan di supply
batubaranya oleh PTBA. Pake batubara yg murah aja, PLN masih
defisit apalagi pake bahan bakar yg mahal.

Mau naekin tarif listrik lagi ?. Orang PLN bisa disetrum ama ibu
ibu ?... hehehe.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Bicara prospek energi,aplg skrg byk kampanye blue energy, sptnya
batubara justru prlu dpertanyakan,at least utk long term,krn coal ini
enrgy yg tdk clean.Dl pmbngkit listrik byk pake enrgy air,lalu
beralih ke diesel krn kapasitas pmbangkit air trbatas (PLTA 1 unit
plg2 dibwh 50MW). Adapun pmbangkit listrik tenaga diesel & uap dgn
bhn bakar minyak,batubara,gas dan combined (PLTGU) bs brkapasitas
600MW/unit (jauh di atas PLTA).Krnnya muncul PLTU,PLTG & PLTGU
brbahan bakar minyak spt HSD (High Speed Diesel),gas dsb shg hrg
minyak naik. Gas jg lbh diminati krn lbh clean (klo lihat cerobong
pmbangkit listrik asapnya putih, itu brarti bhn bakar gas). Jk
asapnya hitam & bising, itu bhn bakarnya minyak diesel/HSD. Muncul lg
pmbangkit listrik batubara yg lbh murah. Krn tuntutan clean
energy,belakangan pmbangkit2 baru pakai bhn bakar gas krn batu bara
jg tdk ramah lingkungan. Sbnrnya klo lbh bsr lg ya PLTN, 1 unit PLTN
bs sampai ribuan MW),sayang byk yg "takut"
>  dgn nuklir pdhl teknologi skrng jauh sangat aman. Asap yg keluar
dr cerobong PLTN adlh uap air,bukan radioaktif yg ditakutkan org
awam. PLTN sbnrnya pmbangkit tenaga uap spt PLTU,PLTG & PLTGU,hny sj
utk bikin uap tsb dipakai reaktor nuklir. Kejadian reaktor nuklir
bocor frekuensinya cm 1x dlm 5-10 thn,sdgkan kebocoran pipa
minyak,gas bs tiap thn kita dengar. Apa ini yg bikin Bakrie lbh
memilih jual BUMI drpd yg lain utk bayar hutangnya? Apa Bakrie jg
mmbaca trend smber energy ini? Atau org spt dia tdk tau ttg trend
energy ini? Tp knapa dia mensaratkan opsi buyback utk pnjualan BUMI-
nya jk dia tdk trtarik lg dg prospek coal? Atau ini cm trik agar BUMI
bs dijual mahal?
> Utk bhn bakar kndaraan, energy minyak jg mulai mndpt  resistensi
krn tdk ramah lingkungan. Muncullah bhn bakar gas,bio energy (ada yg
diolah dr myk sawit),battery/hybrid dsb. Prtengahan thn dpn Hyundai
akan release mobil hybrid (prophane & batery) lewat model Advante (di
Indonesia = Hyundai Elantra),mnyusul Honda Civic Hybrid,Toyota Prius
Hybrid, Chevrolet Volt,dll. Saat ini mbl battery krg populer krn
speednya msh lamban skitar 80-120 km/jam. Baru2 ini produsen mbl
Lotus memprkenalkan motor induksi brtenaga battery yg bs menggerakkan
mbl hingga 300 km/jam, bahkan dg motor induksi battery ini,
akselerasi mobil battery bs mencapai 100 km/jam dlm 4 detik (utk mbl
bensin, akselerasi ini bs dcapai oleh mbl kelas 3000 cc). Dilihat
jenis2 battery,ada yg memakai bhn utama timah,nickel,lithium,dsb.
Akankah mbl2 mulai ke arah tenaga battery mulai thn depan? Jk
ya,bagaimana nasib hrg minyak,akankah turun? Jk hrg minyak
turun,apakah hrg batu bara tetap mahal atau
>  ikut turun? Bagaimana dgn nasib timah,nikel dsb sbgi bahan utama
battery?
> Jadi pilih mana? BUMI,PTBA,MEDC,UNSP,AALI,TBLA,SGRO,TINS,INCO atau
ANTM? Silahkan pilih sndiri, sy cm bahas dr sisi applied technology
sj....disclaimer.

pertimbangan. .. - ada resistant di 6000 kalau memang mau
bullish...walaupun break 6000..nantinya saya rasa juga retest 6000
lagi
di BEJ dan mendapatkan: > - 12 emiten punya positive growth dari
Q2/08 ke Q3/08 > - 10 emiten negative growth terutama sector mining
non energi/logam
PTBA > membukukan growth TERTINGGI yaitu +150%, ini sangat contrast >
dengan sector mining metal yg punya growth -60% pada Q3/08.
> beralasan padahal dimilis OB, di daisy dimaki maki. > > CS malah
memberikan prediksi profit Q4/08 PTBA masih bisa > naek lagi, ini
LEBIH EDAN.
MRQ PTBA lebih bagus lagi = 5,16 > > - http://www.investda
ta.net/QSPTBA. TXT
meyakinkan. > > Kasian banget Om Bakrie kalo musti kehilangan BUMI
diharga 2100. > Embah perkirakan kalo Q3/08 BUMI udah keluar, PER MRQ
BUMI

Kirim email ke