Waalaikumsalam.Wr.Wb.

Uda bandaro Labiah.makasih atas pantunnya.Tapi tolong
jangan bosan menjelaskannya pada saya yah..

Saya sisipkan apa yang kurang saya jelas.

--- Bandaro Labiah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum Wr.Wb.
>
> Anak urang ka ampek angkek
> pai bajalan ka biaro
> alah dicubo carikan ubek
> nan luko baitu juo.
>
> Ampek angkek parang jo lintau
> parang basosoh basamo-samo

" Parang " di siko makasuiknyo " perang ",atau " suatu
benda untuk memukul seperti pisau,tapi lebih tajam,
kalau di medan itu " Parang " namanya.

 " basosoh ",itu apa artinya.Dan apa maksud kedua bait
yg terkhir ini.

> ubek lakek pantang talampau
> mangko babaliak pinyakik lamo

Ubat melekat pantang telampaui
itu sebabnya kembali penyakit lama ( benar ngak
artinya ?,tapi apa maksudnya ? )

> mailia aia ka padang tarok. ( mailia= mengalir,atau
jalan yah..? )

> mailia dari ngarai rakik ( rakik,= sampan ? )

> batamu juo mangko ka elok
> kok bacarai jadi pinyakik
>
> kok takuk  raminyo balai
> eloklah dituruk dipagi ari
> kok takuk kanduang jo bacarai
> elok turukkan kama denai pai

maksudnya : Koq takut ramainya " balai ".( nama Suatu
tempat ? )Atau pasar berbelanja ,kan ramai kalau siang
hari,maka kalau takut ramai pergi pagi hari.begitu
maksudnya da bandaro labiah ?

Yang terakhir enak juga.Mungkin maksudnya begini
yah..: kalau istri ( atau siapa saja yang saling
mengasihi )takut bercerai dengannya / suami.Silahkan
turut dimana suami berada ?.

Alhamdulillah,pantun yang ini agak gampangan,ketimbang
yg lalu.Yang lalu itu,puyeng tujuh keliling.jangankan
maksud,artinya saja kagak faham.

Tetapi semakin banyak kata dan pantun itu tidak saya
mengerti,sebenarnya semakin banyak ilmu yang saya
dapatkan.

Makasih sebelumnya.

Wassalam.Rahima.