Assalamualaikum.Wr.Wb.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang
mencampurkan  kebenaran dengan kebathilan, dan
menyembunyikan kebenaran itu sedangkan kamu
mengetahuinya ( Laatalbisulhaqqo bilbaathili
wataktumulhaqqa wa antum ta'lamuun ).

Disini akan saya jelaskan dimana letak kesalahannya.

"Bismillahirrohmanirrohimm..., apo artinyo?" Tanyo
Simon baliak.

Tantu jaleh jaweknyo dek kami kasadonyo. "Dengan nama
Allah yang Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang.".

=== Kalau menurut terjemahan bahasa Indonesianya,
boleh dikatakan benar.

"Nah apokah Tuhan Allah SWT nan mangecek tu?" Tanyo
Simon salanjuiknyo.

Haniang sakuliliang.

Ambo cuo lah manjawek, "Itu kan ndak bagian dari
firman Allah SWT do Mon,
itu kan awalan awak untuak mambaco Qur'an sajo."

=== Katonyo : " Ndak bagian Firman Allah SWT " ( ini
yang salah ,..BUKAN bagian firman Allah, padahal sudah
jelas Bismillah ini 100% firman Allah, apakah ia masuk
ayat dari Alfatihah, ataupun awal surat kita membaca
setiap surat, tetap ia 100 % firman Allah, bukan
dengan yang dikatakan sanak Wady : " ITUKAN NDAK
BAGIAN FIRMAN ALLAH "

( Semoga kita bisa lebih hati-hati dalam memahami
perkataan seseorang dan tidak mencampurkan kesalahan
dengan kebenaran )

Namun perkataan sanak Wady yang mengatakan : " itu kan
awalan awak untuak mambaco Qur'an sajo.". INI BENAR

"Jadih lah. Kito baco salanjuiknyo,
"Alhamdulillahirrobil'alamin..., apo
artinyo?"

"Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam."

"Lai Tuhan Allah SWT nan bafirman sarupo itu? Mamuji
diri-Nyo sandiri?"

Tapaso lah kami manyatujui bahaso itupun bukan Firman
Allah SWT.

=== ( perhatikan kata-kata bahaso itupun bukan firman
Allah ),

 karena bagaimanapun apakah kata-kata : "
Alhamdulillahirabbilalamiin " , sering dibaca oleh
ummat islam, tetapi ini tetap kata Allah, namun disini
Allah memberitahukan pada manusia, atau mengajarkan
pada manusia, agar mengucapkan kata-kata tersebut, dan
tetap pada hakikatnya itu adalah firman Allah.Bukannya
TIDAK FIRMAN ALLAH.

Disini sering orang mengelabui masalah sepele dan
kecil.Hanya bagi mereka yang telitilah yang dapat
mengetahui dimana letak benarnya, dimana letak
salahnya.

Kalau ummat islam tidak hati-hati akan bisa hancur
karena masalah kelihatannya kecil, namun sangat
berarti.

"Arromanirrohim. Malikiaumiddin. Apo artinyo?"

Kami sabuikkan pulo artinyo.

"Nampaknyo ayat ko cuma sambungan dari ayat
sabalunnyo, sahinggo kalimat
lengkapnya adolah:
'Segala puji bagi Tuhan sekalian alam, yang maha
Pengasih dan maha
penyayang, dan menguasai hari kemudian.' Dari
bahasonyo, apokah Tuhan Allah
nan berfirman ko?"

Indak barani kami manjawek lai.
"Mon, kito tanyokan sajo lah ka buya dahulu, alun
sampai ilmu awak ka sinan
lai." kecek ambo.
=== Ini sikap Wady yang benar, mempertanyakan pada
buyanya. Namun kesalahannya diatas tetaplah kesalahan.

Jadi, jangan mencampurkan mana yang hak dengan yang
bathil. Yang salah harus dikatakan salah, yang benar
haruslah dikatakan benar, jangan sampai bercampur aduk
kebenaran dengan kebathilan, yang terkadang justru hal
semacam inilah yang sering dilakukan oleh sebahagian
manusia.

"Jadih, tapi cubo kito bahas juo dulu sasuai aka nan
ado di awak. Kito baco
salanjutnyo."

Dibacolah dek salah surang kawan ambo, Edi anak Maran;

"Iyya qana' budu waiyya qanasyta'in..."
"Ihdinassyirotol mustaqim..."

"Aratinyo?" tanyo Simon langsuang.

"Tunjukilah kami jalan nan lurus. Kepada Engkau kami
menyembah dan kepada
Engkau kami mintak tolong" Si Edi nan mambaco Qur'an
tu nan manjawek.

"Nah, lai Tuhan nan bafirman sarupo tu? Jaleh se iko
indak Firman Tuhan
Allah do. Iko adolah kecek manusia ka Tuhan Allah
SWT."

Kami pikia, iyo batua pulo. Kan indak Firman Allah itu
do. Tapi kami ndak
barani mangomentari labiah jauah. Rancak tanyo sajo ka
buya lai.

"Jadi, Al Qur'an ko indaklah saratuih parsen barisi
Firman Tuhan Allah.
Sebagian dari Al Qur'an ko bukanlah Firman Tuhan
Allah, sadangkan sabagian
memang Firman-Nyo.

=== INI  KESALAHAN LAGI, ALQURAN SELURUHNYA ADALAH
FIRMAN ALLAH,BUKAN SEBAGIAN IA –SEBAGIANNYA TIDAK.

Namun pendapat ini dikatakan Simon. Kesalahan sanak
wady sebagaimana yang saya sebutkan diatas.

Walaupun sebahagiannya tercantum perintah Allah untuk
manusia mengatakan semacam itu.

Juga sebagaimana kisah Luqman kepada anaknya dan masih
banyak lagi hal semacam ini, namun tetap semua ini
berasal dari Allah dan firman Allah.

 Buktinyo Ibu Al Qur'an sendiri bukanlah Firman Allah
SWT. Ambo raso di bagian lain pun banyak pulo nan
indak marupokan
Firman-Nyo, sarupo Al Fatihah tu." Kecek Simon
manyudahi.

=== ini kesalahan lagi.

Semoga kita ummat islam lebih berhati-hati lagi akan
permasalahan semacam ini, dan lebih jeli, sehingga
kemurnian dan kebenaran Al Quran terjaga sampai
kapanpun.

Wassalam. Rahima.

Dima pulo katakana dek kami ba tanyo ka Buya masalah
tu. Sasudah urang
tarawiah, dalam pangana kami ndak ado nan labiah
rancak daripado bamain
domino di lapau Iyuh Gosoh sambia mananti-nanti pilem
"urang bansaik" kok
lai katibo, sambia manambah perbendaharaan bahaso
Perancis kami.

20 September 2004 (Hari Pamilu Paresiden)