Assalamualaikum.Wr.Wb.

Sebagai Informasi aja.

Sepanjang saya hidup di mesir ini , sudah 15 tahun.
Yang saya tahu persisi adalah:

Di perbolehkan mengcopy cd2 berbau agama, tapi sangat
di larang untuk mengcopy cd yang berbau porno atau
nyanyian sang artis.

Dan baru pertama sekali saya melihat di Cd di protec
langsung, yaitu CD bahasa Arab ini ( model terbaru
yang di terjemahkan kedalam bahasa Prancis ). Setelah
saya chek richek ulang kembali, ternyata yang punya
adalah perusahaan asing.

Selama ini yang punya perusahaan agama itu adalah
maktabah turast Al Islami " Pustaka untuk mendalami
buku2 islami yang berbentuk Turast ( asli dari
pengarang zaman dulunya ).

Biasanya kalau mereka akan membedakan langsung
harganya harga Copyan dengan yang asli berbeda. Dan
mereka mengatakan langsung. Ini yang asli, ini yang
copyan. ( Ada perbedaan dalam kertasnya ). Dan ini
dari perusahaan itu sendiri.

Saya pernah kehabisan Cd agama, lantas saya minta copy
ulang aja, karena butuh sekali. Lantas perusahaan itu
bilang begini ke saya : " Kalau kamu punya teman yang
punya CD ini, copykan saja dari dia ", karena kalau
kami copykan kamu harus datang dua kali ke tempat
sejauh ini. kalau mau datang beli saja nantik yang
asli, kalau sudah datang barangnya ".

Aneh yah,.ada sebaik itu perusahaan kasih jalan ke
pelanggannya. tapi itu realita di kebanyakan Mesir di
toko2 buku, ataupun toko2 CD yang sering saya
kunjungi.

Saya bisa mengeti, mungkin karena prinsip mereka "
sampaikanlah ilmu itu walaupun satu ayat ", Jadi bukan
dari sisi materinya yang mereka cari, tapi segi
bagaimana orang bisa menimba ilmu meski orang miskin
sekalipun.

Dan biasanya memang di mesir ini yang beli asli adalah
orang-orang asing, atau orang yang datang dari negara
teluk, atau orang kaya di mesir itu sendiri.

Beda dengan CD nyanyian atau flm porno. Ini ada
pelarangannya dan ada hukuman bagi yang melanggarnya.

Mungkin dikarenakan ngak ada suruhan " sampaikanlah
olehmu nyanyian atau film porno ini meskipun satu
casset saja ".

wassalam. Rahima.

Check out the new Yahoo! Front Page.
www.yahoo.com