Waalaikumussalam,ww.
Betul apa mak Sampono Sutan sampaikan, bahwa tahun 60-an orang Malaysia
belajar ke Indonesia, karena dosen-dosen kita di Indonesia ini belum bahkan
tidak ada lulusan luar negeri !. Mereka dapat menghasilkan lulusan-lulusan
yang bermutu, Guru-guru kita yang tidak pernah keluar negeri dikontrak oleh
mereka dan dapat menghasilkan lulusan yang menjadikan negara mereka yaitu
Malaysia lebih maju dari negara asal gurunya yaitu Indonesia.

Setelah tahun 60-an Perguruan Tinggi Di Indonesia berduyun-duyun mengirim
tenaga penagajarnya ke luar negeri, terutama ke Amerika, bahka IAIN juga
tidak ketingglan mengirim dosennya belajar Islam ke Amerika (kok tidak ke
negara Islam ?). Setelah tamat mereka kembali mengajar. Apa hasilnya !, yah
seperti sekaranglah !, mutu pendidikan merosot !, rangking ITB dan UI di
negera Asean merosot !. Ranking Universitas Andalas apalagi antalah, antah
rangking berapa. Yang dosen IAIN lulusan barat membuat kejutan membawa paham
pluralisme, dan megajarkan filsafat mencari tuhan ?, entahlah !.

Di Departemen Pendidikan sekarang ini, banyak bercokol lulusan luar negeri
yang tiap sebentar tukar sistim dan aturan dengan membawa mentah-mentah
sistim pendidikan luar atau barat dengan tidak mempertimbangkan apakah
sistim tersebut cocok bagi bangsa kita ?

Di IKIP yang sekarang sudah beralih nama, telah menjamur dosen lulusan luar
negeri, yang meninggalkan metode pendidikan dan ilmu kependidikan yang telah
kita miliki dan yang berhasil mendidik bangsa Malaysia maju, mereka tukar
dengan metode atau ilmu kependidikan barat yang tidak cocok bagi kita orang
timur.

Contoh kecil saya kemukakan, dulu di sekolah dasar (SR) murid diharuskan
melipat tangan dimeja dan duduk teratur dan sopan mendengar pelajaran yang
diberikan guru. Sekarang hal yang demikian mereka bantah sistim tersebut
mengekang murid dan membuat murid tidak leluasa berggerak dan menjadi
penakut begitu pendapat mereka. Pendidikan barat menurut mereka adalah
memeberi kebebasan kepada murid didalam kelas sehingga murid dibolehkan juga
duduk diatas meja, dan berbicara lantang kepada guru tidak apa-apa begitu
yang mereka dapatkan dari pendidikan barat.

Sekarang dapat kita bandingkan hasilnya !

Mana lebih berhasil pendidikan kita dimasa lalu, yang dapat merobah negara
Malaysia ?
Atau pendidikan barat atau luar negeri yang menjadikan Indonesia melorot ?

Kalaulah kita dulu tidak mengirimkan dosen-dosen kita keluar negeri mungkin
kita tidak akan ketinggalan dari Malaysia sekarang ini ????.

Saya rasa bukan MKDU-nya yang salah !

Begitu juga sperti yang mak Sampono Sutan sebutkan bahwa P4 adalah gagal.
Saya kira P4 untuk pegawai rendahan tidak tidak gagal, yang gagal adalah P4
yang ditatarkan kepada para pejabat, karena yang menatarnya lulusan luar
negeri ??, tidak mempunyai semangat kebangsaan, melainkan kapitalis.

Saya bukan mengatakan lulusan luar negeri kotor otaknya !, apalagi tidak
bermutu !
Melainkan lulusan luar negeri tidak mempunyai semangat dan rasa kebangsaan
seperti yang diungkapkan Prof Dr Sofian Effendi Rektor UGM tsb.

Mencuci otak yang saya maksudkan disini adalah mengeliminir pengaruh
kapitalisnya dengan menukar atau menyegarkan kembali semangat kebangsaan
yang mungkin telah didelate oleh sistem kapitalis selama mereka belajar di
luar negeri.

Banyak maaf, wassalam, ww.
Z. Rangkayo Mulie.