Assalamualaikum, ww.
Sanak Z. Chaniago dan urang palanta RN yang ambo hormati !.

Posting ambo ko ado kaitannya jo posting ambo nan tadahulu yaitu ungkapan
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Dr Sofian Effendi di
depan orang tua mahasiswa baliau mengungkapkan bahwa :

"Mahasiswa asal Indonesia yang tersebar di Universitas Singapura, dicuci
otak dengan pemikiran kapitalis. Jika mereka menduduki jabatan penting,
penyelenggaraan pemerintahan jauh dari semangat kebangsaan"

Kemudian ditanggapi oleh beberapa orang dunsanak kito dilapauko, dan
kemudian berkembang kepada topik dimana kualitas pendidikan kita menurun
sehingga bedampak kepada kemajuan negara kita sekarang ini, dibandingkan
dengan negara tetangga Malaysia yang dulunya mengontrak guru kita disekitar
tahun 70-an.

Sedangkan negara kita di th 70-an sedang giat-giatnya pula mengirim dosen
atau tenaga pengajar dan ahli kependidikan keluar negeri terutama kepada
negara maju seperti AS yang jelas mereka adalah negara yang bersifat
kapitalis.

Nah !, menurut teori perencanaan pendidikan mengatakan bahwa "Dampak (out
come) dari suatu institusi pendidikan akan dapat dirasakan setelah keluaran
atau lulusan (out put) 20 - 25 th setelah itu terhadap negara atau bangsa
yang bersangkutan"

Menurut teori diatas, kita dapat bandingkan dari dua lulusan
intitusi/sekolah dari dua negara, yang diajarkan oleh :

- Guru kita yang dikontrak oleh Malaysia, dengan :
- Guru/dosen kita yg lulusan luar negeri.

1. Guru kita yang dikontrak Malaysia di th 70-an, sekarang mempunyai dampak
yang membanggakan, mereka tidak mengirim mahasiswanya untuk menjadi guru
keluar negeri, melainkan mendatangkan guru dari luar negeri, lebih efesien,
kan ?, 1 org dosen/guru kontrak akan dapat mengajar puluhan orang, dari pada
mengirim dosen keluar negeri puluhan orang yang kemudian terkontaminasi oleh
sifat kapitalis yang dianut di negara dimana mereka ditugas belajarkan,
dengan biaya yg tidak efesien dan tidak efektif, kan ?

2. Dosen/guru kita yang pulang tugas belajar keluar negeri pada th 70-an,
membawa dampak dimana mundurnya kualitas lulusan perguruan tinggi, serta
membawa sifat kapitalis, dan kurang  mempunyai semangat kebangsaan sehingga
lulusan yang dikeluarkan dan menjadi pejabat negara pada saat sekarang ini
mempunyai sifat kapitalis yang mementingkan diri sendiri seperti kolusi atau
mencari keuntungan pribadi, tidak memikirkan bangsa (maaf, ini adalah sebuah
analisa dari teori perencanaan pendidikan diatas, terbukti secara
signifikan. Bagi dunsanak yang berprofesi peneliti, dapat kiranya menjadi
perhatian atau melakukan penelitian ulang kebenaran ini, karena saya tidak
mengungkapkan data-data atau varibel-variabel, apakah hypothesa dari theori
perencanaan ini benar ?).

Nah !, mengenai pertanyaan dunsanak Z. Chaniago, Apo solusi nan harus ambo
tawarkan ?

Sabananyo ambo mamposting fenomena-fenomena terdahulu tersebut sebetulnya
mempertanyakan baa sarancaknyo manuruik dunsanak di palantako !, tapi nan
diatanggapi tidak substansi posting ambo doh, melain kan kebenaran data atau
fakta nan ambo kamukokan. Padohal faktanya jaleh awak alah katinggalan dari
urang Malaysia, sadangkan inyo baraja jo awak. samantaro awak lai diaja
urang nan pulang dari luar nagari !
Kok katingglan juo ?, kan iko sabananya topik nan harus awak bahas, kan ?

Jadilah !, solusi manuruik pandapek ambo samantaro :
1. Tidak usah mengirim mahsiswa keluar nagari, labih rancak mengontrak dosen
lua nagari, 1 org dosen akan dapek maaja puluhan mahasiswa awak di nagari
awak ko jo paralatan dan kondisi nan awak punyoi, Dan mahasiswa awak ko
dapat diantisipasi dari panyakit nan indak katuju diawak di lua nagari tu,
dan tidak akan ongas !. serta biaya yang dikeluarkan negara irit. serta
dapat mencegah larinya mahasiswa unggulan minggat keluar nagari karano inyo
indak tau dimaa lua nagari tu, tapi sabaliknyo kalau inyo disekolah kan
kaluar nagari apolai jo biaya negara ybs, wallahu a'lam, kok lai namuah inyo
pulang !. Kok iyo lai namuah inyo pulang, lai ka bisa bakarajo jo kondisi
nagara awakko ?, baik disegi gaji dan fasilitas serta peralatan nan ado ?.

2. Kalau memang tapaso mangirim dosen keluar nagari, dosen ko harus
menterjemahkan buku pokok yang dipelajari di lua nagari tu, dan buat
kesimpulannyo apokoh teori tu cocok, atau perlu dipertimbangkan sesuai
dengan kondisi kito. Jadi mahasiswa kito dapek langsung ilmu nan dikanduang
buku tu, tanpa melalui proses menterjemahan nan mamakan waktu bagi mahasiswa
yang kurang mampu berbahasa inggris, sarupo nan ambo danga dari urang, bahwa
sistim ko dianut oleh Japang, mahasiswa Japang indak paralu pandai bahasa
Ingris doh.

3. Bagi sekolah/perguruan tinggi yang majaan keahlian rekayasa atau
teknologi, laboratorium dan peralatan nyo harus dilangkapi sasuai jo buku
nan dipakai dari luar nagari tu, jan bacarito sajo awak, nan paralu dicuboan
teori tu di labor. Lai kamungkin awak kamaajaan mahasiswa maracak
sepeda/motor ?, kalau dicaritoan atau disuruah baco sajo buku ?, lai ka
pandainyo kiro-kiro kalau indak di suruah inyo maracak sapeda/motor tu ?,
iko
contoh sederhana sajo dunsanak ! Apolai kamambuek oto, atau kapatabang kalau
bengkenyo sajo indak ado ?

Itu kiro-kiro solusinyo bagi ambo, bagi dunsanak dipalantako, nan lai bisa
kamanyampaian kapado pajabaik pangambil keputusan, tolong sampaikan pandapek
ambo ko !, talabiah dahulu ambo ucapkan tarimo kasih,

Dan bagi dunsanak mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen nan ado di palanta ko,
ambo mintak maaf, kalau usul ambo ko di tarimo tantu hilang kasampatan
baraun-raun kalua nagari, hee... hee.... heee, ambo galak sangenek !

Banyak maaf, Selamat hari raya iedul fitri 1 Syawal 1425. H.
Minal aidin wal faizin, taqaballahu minna waminkum

Wssalam,
Z. Rky. Mulie.
http://www.geocities.com/pakguruonline
http://www.geocities.com/siswaonline