Permasalahan :

Mengamati Palanta  Rantaunet yang langang beberapa hari
ini , khususnya disaat libur panjang Lebaran selama satu
minggu , maka menggugah saya  untuk bermain main dengan
data dan membuat catatan catatan . Hasilnya adalah , telah
terjadi  penurunan aliran surat elektronik (e-mail) yang
masuk kepalanta rantaunet secara drastis selama liburan
ini . Sebetulnya survey ini akan saya tayangkan pada
liburan lebaran tahun lalu yang kecendrungannya sama
dengan saat ini , namun saya ingin mendapatkan fakta yang
akurat , maka perlu perbandingan data sebagai tolok ukur .
Sebagai survey yang terdahulu , yakni survey 1 dengan tema
: Kecendrungan sebagian besar para netter ( tidak semua )
menggunakan peralatan / fisilitas  kantor ( plat merah )
untuk berinternet ria , indikasinya adalah sepinya aliran
surat elektronik dihari libur Sabtu dan Minggu . Sedangkan
survey 2 mengenai : Kecilnya peran perempuan dalam
melakukan aktivitas berinternet , khususnya dipalanta
rantaunet ini . Kalau kita total dari jumlah email yang
masuk pada periode saya melakukan survey , maka kaum
perempuan ( Bundo Kandung ) hanya berperan : 11 % , dan
kaum lelaki masih mendominasi sebesar 89 %.
Dan sesuai harapan saya kala itu , paling tidak kaum
perempuan bisa meningkatkan perannya menjadi 25 %.

Sampel untuk bahan survey kali ini yang saya  ambil  dari
e-mail yang masuk pada  H -3 sampai dengan H +6 pada Hari
Raya Idul Fitri 1425 H atau 12 Nopember 2004 s/d 21
Nopember 2004 . Adapun data  jumlah surat elektronik yang
masuk ke palanta  sebagai berikut  :

Tgl 12 Nopember 2004    16
Tgl 13 Nopember 2004      1
Tgl 14 Nopember 2004    16
Tgl 15 Nopember 2004      1
Tgl 16 Nopember 2004    19
Tgl 17 Nopember 2004      8
Tgl 18 Nopember 2004    10
Tgl 19 Nopember 2004      3
Tgl 20 Nopember 2004      6
Tgl 21 Nopember 2004                  1

Total   : 81 e-mail

Masalah yang sama juga terjadi  pada liburan panjang
lebaran tahun lalu dan akan terus berulang setiap tahunnya
selama pemerintah masih punya kebijakan untuk meliburkan
semua pegawai dan anak sekolah selama seminggu selama
lebaran .

Faktor Penyebab:

Penurunan ini mungkin disebabkan :

1. Para netter masih dan sedang berhari raya dan
melaksanakan     pulang kampung   dan  belum kembali .

2. Belum adanya topik topik krusial yang  perlu dibahas
dan diperbincangkan .

3. Yang rajin mancogok dipalanta rantaunet selama hari
libur lebaran : Mak Darul ,  Mak Bandaro , Mak Ngah ,
Rahima , Zul Amry, Arsyad Sidik  yang besar kemungkinan
tidak pulang kampung .

Saran & Harapan

Dengan telah berakhirnya liburan hari raya lebaran ,
marilah kita aktifkan kembali palanta kita dengan segala
bentuk pemikiran dan sumbangan   ide  maupun tulisan ,
demi kemajuan dan perkembangan rantaunet khususnya dan
Minangkabau pada umumnya .

Wassalam : h . zul amry piliang di jimbaran ba;i =========================================================================================== "Perluas Jaringan Perkawanan Anda dengan KSI PlasaCom versi baru. Nikmati pula fasilitas yg disediakan untuk masing-masing sekolah !" ===========================================================================================