--- Darul <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]

makasih mak Darul atas jawabannya.

> Tapi ada pertanyaan saya yang belum terjawab sampai
> saat ini, saya masih
> menunggu karena saya tetap bingung jadinya. Karena
> tidak masuk dalam logika
> matematis saya berpikir. Pertanyaan tentang makmum
> yang berbeda kiblat
> dengan imamnya. Makmum berkiblat ke ka'bah, tapi
> sang imam berkiblat ke
> Moskwa atau Teheran. Karena banyak di Jakarta dimana
> sang imam merubah arah
> kiblat saat bersembahyang 5 s/d 15 derajat kekanan.

Lha..belum saya jawab yah mak. Rasanya kemaren sudah
deh. Wah..sudah terlalu tua rupanya saya sampai lupa.
beijing kemaren yang saya maksudkan, bayangkan saja,
saya baca kembali tertulis peking. ( hehehe..) Peking
itu kan masakan China, mungkin krn ingat terus masakan
China kali.

Maksudnya kami rencana ke Beijing ( mudah2an rencana
ini jadi dan saya bisa ikut, jadwal nya ngak tubrukan
dengan jadwal saya pulang ke Indo ).

Mak Darul kemaren itu sudah saya bongkar2 buku di Bab
Shalat, tidak saya temukan ada makmum yang berbeda
kiblat dengan imam.
Bukankah makmum artinya mengikuti imam. Jadi apapun
yang dilakukan imam, harus diikuti oleh makmum. Jadi
ngak ada syari'atnya saya lihat tata cara begitu.

Yang saya baca Atsar mengenai kiri kanan ini, adalah
bila selesai imam shalat terserah padanya mau
mendahului keluar melalui arah kiri, atau arah kanan.

Demikian jawaban yang dapat saya berikan, karena saya
tak menemukan syari'at semacam itu.

Wassalam. Rahima.