--- "Z. Fikri" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> mudo-mudo. Etika,
> Mungkin karano
> dari Ustad Labiah
> Surau rang Sikumbang,
> -----------------
> Walaikumusslam, ww
> Batua sanak Et Hadi Saputra, iko adolah akibat
> pendidikan kito sajak tahun
> tahun 70-an, nan indak ado palajaran akhlak atau
> budi pekerti lai di sekolah
> dasar doh, palajaran mambaco huruf arab malayu
> dihilangkan pulo.

Sanak Zul, sanak Edi dan sanak RN sekalian
Pertama, saya kira bukan karena tidak ada pelajaran
huruf Arab malayu lai doh. Ambo kelahiran tahun
69+7=76= kls 1 SD.
Berarti ambo sajo indak ado pelajaran bahasa Arab
melayu itu. Tapi masih ingat sekali banyak teman-teman
saya yang lain menghormati guru kami.

Dimana kita belajar agama kalau begitu..?
Setelah pulang sekolah ada pengajian spt Al Wasliyah.
Disana kita belajar bahasa Arab, AlQuran dsbgnya.

Jadi pelajaran ekstrakulikuler diluar pelajaran
sekolah itu juga memegang peranan penting. Pulang
sekolah bukan main-main atau keluyuran sana sini, tapi
datang kesekolah lagi untuk mengaji dan shalat jamaah
dimesjid dipengajian itu.

Kenapa guru dihormati..?

Karena guru punya ilmu (profesioanal dalam bidangnya),
jadi kita punya rasa segan dan menghormatinya.

Juga karena guru tersebut punya wibawa didepan
anak-anaknya, namun bukan berarti guru itu keras, suka
mukul. Saya paling tidak suka system guru mukul
apalagi kalau pakai rotan. Sejahat-jahat dan
senakal-nakal murid saya, saya tidak pernah mukulnya
dan insyaAllah tak akan pernah memukul mereka.

Sampai saat ini sangat trauma bagi diri saya dengan
pukulan guru yang hanya sekali dalam hidup saya, tapi
itu sampai saya mati rasanya, sulit dilupakan. Dan ini
ternyata tidak baik bagi kejiwaan anak didik kita. Ini
pengalaman pahit, membuat saya bukan segan pada guru,
tetapi takut. Kalau sudah takut, pelajaran sulit
masuknya, dan niat belajar jadi lari, karena takut
kena marah. Bukan lagi untuk mendapatkan ilmu dari
sang guru.

Tata
> taratik nan balipek tangan diateh meja sawakatu guru
> manarangkan palajaran
> indak pulo diterapkan lai.

Adab sopan santun bukan dengan melipat tangan dimeja.
Bisa kaku dan tegang suasana. Biarkan murid bergerak
dengan leluasa,bukan berarti bebas jalan sana-sini,
maksudnya ngak perlu lipat tangan, kaku kayak begitu,
tetapi silahkan pegang pena, dan asal duduk dengan
tenang, mendengarkan murid menerangkan. Dalam islam
ada diajarakan ada thalibul ilmu. Adab menuntut ilmu.
Salah satunya saat guru menerangkan murid diam
mendengarkan.

Sajak tahun 70-an ko
> [...]
> berkiblat ka barat, anak murid bebas duduk di kelas,
> berkata lantang ka guru
> adalah hal nan dibuliahkan, sistem pendidikan nan
> diterapkan adolah sistem
> kebebasan nan indak buliah mengekang gerak dan
> tingkah laku murid, bahkan
> menulis dan menunjuak jo tangan kida dianggap anak
> yang cerdas. Sadangkan
> Japang maaja bangsa awak diwaktu penjajahannyo
> salamo 3 tahun di nagari awak
> adolah manerapkan etika dan menghormati guru dan
> belajar dalam kelas dengan
> disiplin nan tinggi, sistem pendidikan nan sarupoko

Ada yang bisa diambil dari system pendidikan Barat.
Yaitu kebebasan berfikir bagi anak-anak. Itu bagus.
Jangan kekang pemikirannya. Biarkan ia berbicara dan
mengeluarkan pendapat, asalkan dengan sopan. Guru
harus juga menjadi pendengar yang baik bagi
murid-muridnya, bukan sekedar penceramah yang baik
saja. Ia harus mampu menerima keluhan, kritikan, dan
pendapat murid-muridnya.

Satu dinegara Jepang saya kurang suka. menghormati
guru dengan tunduk sekali(sampai membungkuk). Islam
tidak ajarkan semacam itu. Rasulullah saja palimng
tidak suka kalau beliau datang para sahabat berdiri.
Islam mengajarkan kita salaman dan mengucapkan salam.
Itu adalah ajaran islam yang terbaik antara murid dan
guru.

Lihatlah betapa banyak peristiwa bunuh diri di jepang
itu, apakah itu baik, mereka mau bunuh dirinya karena
kecewa, atau karena tak bisa menahan malu. Apakah itu
didikan yang baik. karena perasaan tertahan, pemikiran
di hambat..? Saya kira ini kurang baik juga.

Ambo panah mambaco
> artikel bahwaso pada suatu
> konfrensi, Dirut Perusahaan Mobil Mitsubishi
> menundukkan kepala dengan
> saking hormatnya ke sesorang nan lewat di
> hadapannyo, kamudian ditanyo oleh
> seseorang kapado si Dirut Misthsubishi tadi siapo
> orang nan begitu
> dihormatinya, dia jawab..., bapak itu adalah guru
> sekolah dasar anak saya.
> Begitu orang jepang menghormati guru anaknya  !

Menghormati guru bukan dengan diekspresikan dengan
tata cara menunduk begitu. Amalkan apa yang
diajarkannya, do'akan demi keselamatan guru itu.
Ucapkan salam padanya bila ketemu. Itu ajaran Islam

> [...]
> mangaji kaguru pakai rotan, kalau salah anak ambo
> pak guru tolong lacuik jo
> raton ko baitu kecek urang gaek awak kaguru sawakatu
> manyarahan atau
> mamasuakan kasikola. Parinsip nan sarupoko sanak Et
> Hadi Saputra pado saat
> kiniko, kecek urang di Korea masih merupakan
> persyaratan untuak mamasukan
> anak ka sikola, urang korea ko membuat tongkat yang
> dihaluskan diserahkan ka
> gurunyo disikola untuk malacuik anak kalau babuek
> salah, baitu persyaratan
> mamasukkan anak ka sikola. Tapi di nagari awak alah

Kalau cerita ini bisa panjang. Anak didik kita adalah
anak zaman. Ia berlari kencang bagaikan anak panah
mengejar arah tancapannya.Jangan samakan masa kita
dahulu dengan masa sekarang. Saya kira, bukan masanya
lagi mengajar pakai mukul memukul itu. Tapi sang guru
harus cerdik, cerdas, ilmuwan dan profesioanl dalam
bidang pendidikan dan ilmu kejiwaan.

 Kini..., digantiakse anak murid disikola
> mangadunyo ka abaknyo
> dirumah, di abaknyo, nyo sarang gurunyo kasikola,
> baa kecek ababknyo kaguru
> anak muriknyo, lai jaleh dek guru !, anak ambo ko
> babalian barehmah, baagiah
> makan mah, lamak se guru mambentak, manggantiaknyo
> !, baitu kecek abak murik
> ko ka pak guru disikola, jauh batolak balakang dari
> fenomena nan di
> caritokan di Japang dan Korea.

Itu perlunya komunikasi antara ortu dan guru, biar
tidak ada misunderstanding. Jangan anak didik
diserahkan bulat-bulat pada guru. Atau guru kurang
memperhatikan kejiwaan anak didiknya.

> -------------------
> paelok-i
> -------------------
> Iyo ikolah nan jadi dilema di nagari awak, sistem
> pandidikan nan caro nan
> maa nan diterapkan !

Ada perumpamaan Arab mengatakan : "Al i'timaadu
alannafsi asaasunnajaahi ". Berpegang teguh pada
prinsip diri adalah sumber keberhasilan.

Kita boleh mengambil perbandingan system dinegara mana
saja. Tapi kita juga harus punya prinsip, kemana arah
pendidikan yang kita inginkan.

Wassalam. Rahima.