Wa'alaikum salam wr wb.,

Pak Darul,

Terimakasih atas do'a-nya. Mudah-mudahan saya masih diberikan usia dan
kemampuan oleh Allah untuk bisa sedikit memberikan usulan dan pandangan yang
mungkin berguna bagi kita semua. Mudah-mudahan pula pak Darul dan sanak
semua di Palanta ini dapat memperoleh berkah atas silaturahmi yang kita
bangun bersama ini. Amiin.

Dugaan pak Darul benar, bahwa menjual perusahaan nasional bukan berarti
tidak nasionalis, malahan sangat nasionalis. Karena kalau tidak kita jual,
maka perusahaan nasional hanya akan tetap berjalan dengan lambat. Atau
malahan ada yang berjalan mundur menuju kehancuran karena terus menerus
menanggung kerugian. Perusahaan nasional yang ada lebih banyak memberikan
manfaat bagi direksi dan pihak lain yang memanfaatkan untuk kepentingan
pribadi dan golongan. Sedangkan rakyat sebagai pemilik tidak mendapatkan
hasilnya.

Kalau kita jual dengan proses yang benar - betul betul dilakukan dengan
benar, maka akan banyak orang yang menerima manfaat dengan masuknya dana
segar, makin effisiennya perusahaan, dan bertambah banyaknya perusahaan baru
yang dapat ditumbuhkan. Sehingga lebih banyak orang dapat bekerja karena
meningkatnya lapangan pekerjaan.

Wassalam,
R Sampono Sutan (56)