Sekarang pada setiap tayangan acara tivi, di sebelah kiri atas ada petunjuk
kategori tayangan tersebut. Salahsatunya yaitu BO (Bimbingan Orangtua).
Nah... bagaimana kesan anak terhadap suatu cerita yang akan diceritakan
kepadanya tergantung BO ini. Jika orangtuanya menganggap ibu si malin yang
egois dan suka mengutuk tentu kesan itulah yang akan ditangkap anaknya.
Sebaliknya, kalau orangtua ingin menyampaikan pesan moral bahwa tidak perlu
malu kepada ibu yang telah melahirkannya dan telah melepasnya pergi merantau
tentu kesan lain lagi yang akan ditangkap si anak.

Rasanya begitu juga dengan dongeng2 lainnya, tergantung pesan moral apa yang
orangtua ingin sampaikan kepada anaknya, karena dongeng2 itu dari
nenek-moyang kita terciptanya adalah sebagai sarana untuk menyampaikan
pesan-pesan moral di tengah masyarakat pada jamannya...

salam - tg