Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Assalamualaikumwarahmatullaahiwabarakaatuhu

Saya mohon maaf pada segenap netter, terutama anggota
belajar bahasa Arab atas kealfaan saya selama ini.
Sungguh kealfaan yang bukan kehendak saya, tetapi
kondisi saya yang benar-benar menuntut hal tersebut.

Selama 20 hari, saya berada di mesjid dari jam 9-10
malam. Ini dikarenakan saya pindah dari rumah lama,
menantikan rumah yang lebih saya sukai(saat ini sudah
ada dirumah tersebut), sehingga saya terpaksa
mengungsi ke lantai atas tingkat tujuh, tanpa lift
sama sekali, panas, tak ada telpon, tak ada ac dan
kondisi rumah persinggahan itu benar-benar ujian
sekali bagi kami sekeluarga.

Mencari rumah dimusim panas, terutama dibulan
July-Agustus sangat sulit di Mesir ini, karena banyak
dari Negara lain yang berwisata ke Mesir dan menginap
selama hamper sebulan dirumah2 penduduk. Tentu biaya
sewa rumah semacam itu sangat-sangat tingi sekali,
perhari saja ada yang minimal Le 200,=Rp sekitar
300.000, perharinya. Bayangkan gimana sebulannya(ini
minimal, maksimalnya perhari itu bisa sampai Le
600).banyak sekali turis yang datang ke Mesir dibulan
ini, maka imbasnya yah ke kami-kami yang akan mencari
rumah sangat sulit, dikarenakan sewa mahal, tentu
mereka menerima yang bisa membayar mahal sekali itu.

Saya mendapatkan rumah sederhana, lengkap segalanya,
tapi kelengkapan barang itu sudah jelek sekali, tentu
hati suntuk melihat rumah jelek begitu. Makanya saya
harus sabar menantikan turis dari Saudi ini keluar
dari rumah yang sekarang. Karena rumah yang baru saya
diami berapa hari ini, untuk ukuran kami sekeluarga
sudah yang "terindah", sepanjang kami berada di Mesir
selama 15 tahun bagi saya dan 20 tahun bagi suami
saya.

Kami harus bersabar selama 20 hari itu naik kelantai
tujuh, capeknya luar biasa, tapi tetap bersyukur ngak
perlu diet lagi, sudah diet alami saja badan saya.Olah
raga naik tangga tiap hari benar-benar kenangan yang
tak terlupakan sepanjang hidup kami di Kairo itu.
Rumah berantakan kayak kapal pecah, karena buku-buku
berada dalam plastic dan kardus-kardus. Makan siang
dan terkadang makan malampun diluar rumah, jadi garin
masjidlah buat sementara, tapi ada hikmahnya anak saya
yang bungsu jadi lancar jalannya, sebelumnya ia baru
merangkak saja, dan saya bisa mengulang-ngulang
hafalan AlQuran saya dengan baik dimana berada di
dalam masjid punya kedamaian hati tersendiri.

Kesabaran benar-benar indah dan membuahkan hasil yang
tidak kita duga sama sekali, berupa kenikmatan dan
hikmah. Di Balik kepahitan, penderitaan dan kesulitan
ada hikmah dan ada buah yang manis rasanya.

Dirumah lantai tujuh itu tak ada saluran telfon
sehingga saya ngak bisa internet, hanya bisa ke warnet
saja. Itu sebabnya saya ngak bisa menambah pelajaran
bahasa Arab itu selain mengoreksi latihan dari da
Sutan saja. Sekali lagi untuk itu saya mohon maaf bagi
peminat bahasa Arab.

Sudah tinggal dirumah baru anak saya yang bungsu jatuh
sakit, panas badannya sampai 41,50 derajat.(bayangkan
panas anak bayi sampai segitu). Anak saya sepanjang
waktu berada dipelukan saya saja, tidurpun diatas
badan saya selama dua hari dua malam dia begitu.
Alahamdulillah sekarang sudah enakan badannya, sudah
ceria kembali.

Dan alhamdulillah dirumah yang baru ini benar-benar
nyaman, tenang, dan saya sudah bisa internet dirumah.
Oleh sebab itu insyaAllah saya akan berusaha kembali
menjelaskan pelajaran bahasa Arab kita tersebut.

Perlu saya beritahukan bahwa dari situs-situs yang
dikirimkan oleh Uni Ben, saya sudah print semuanya.
Cukup bagus, (lihat buku tentang qawaid Annahwiyah)
insyaAllah sekali-sekali saya akan terangkan, namun
disana menurut saya masih belum tepat untuk pemula.
Ada beberapa defenisinya tidak ada, sementara defenisi
itu cukup penting diketahui dalam memahami sebuah
kaedah. Sementara yang lain hanyalah berupa pelajaran
bagaimana menulis Arab yang tepat, juga tajuidnya.

Kemudian saya juga sudah membaca sepintas buku
pegangan 1,2,3. Buku 1 terdiri dari 150 halaman, buku
jilid 2 terdiri dari 220 halaman, jilid 3, 150
halaman. Di buku jilid 2 itu adalah pelajaran yang
tersulit, sementara yang pertama berupa
latihan-latihan saja kebanyakannya. Oleh sebab itu
bila kelak nantik disaat kita mempelajari buku jilid 2
dan tiga, jangan heran kalau itu sudah kita pelajari
karena sudah saya jelaskan.

Untuk kealpaan saya selama ini, sebenarnya tidak
begitu berarti, karena tokh halaman-halaman sampai
saya hadir saat ini adalah merupakan aplikasi atau
latihan-latihan dari pelajaran yang telah berlalu
saja, selain yang belum saya jelaskan tentang mudhaf,
mudhafun ilaihi juga pemakaian haadzhi(isyarat untuk
perempuan dan sejenisnya), hanya itu saja tambahannya,
selainnya tidak ada. Bukankah semakin banyak latihan
semakin baik dan cepat pandainya..? Untuk itu sekali
lagi saya mengucapkan terimakasih banyak buat da Sutan
karena telah mengerjakan latihan-latihan tersebut. Dan
apresiasi saya buat da Sutan yang saya nilai sudah
sangat bagus bahasa Arabnya.

Saya percaya bagi siapa yang mengikuti pelajaran
bahasa Arab ini dengan baik, insyaAllah akan pandai
bahasa Arabnya, bisa membaca huruf Arab gundul, soal
artinya, lama kelamaan itu akan bisa dengan
sendirinya. Dan saya percaya kalau sudah bisa bahasa
Arab, sudah bisa baca buku Arab, maka membaca buku
tafsir asli tulisan dari ulama salaf dan kontemporer
akan mudah. Kita tidak akan ragu dan galau dengan
agama Islam kita ini dengan banyak membaca buku dari
sumber atau akar dari  ilmu atau bahasa itu sendiri.

Dengan tahu bahasa Arab, maka menghafal AlQuranpun
sangat gampang, membaca dan memahaminyapun mudah
sekali.
 Sekali lagi kuncinya memang terletak dibahasa Arab
itu sendiri.

Ini dulu penjelasan saya, terlebih dan terkurang mohin
dimaafkan. Mudah-mudahan yang akan datang kita bisa
melanjutkan pelajaran bahasa Arab lagi dengan baik dan
teratur.

Oh yah, buat yang mengirim email di japri mohon maaf,
bukan maksud hati tidak mau membalasnya apa daya
kondisi saya benar-benar kejepit, dan anggaplah ini
balasan saya secara umum, insyaAllah pertanyaan,
permintaan akan di postingkan perlahan-ia jalum(jalur
umum)

Sekali lagi bagi yang belum mendaftar, silahkan
mendaftarkan diri ke milist
:[EMAIL PROTECTED]

Wassalam. Rahima.