Ambo tambah dibawah Mak Zul....

Wasalam,
Helmi

----- Original Message -----
From: "zul amri" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <palanta@minang.rantaunet.org>
Sent: Tuesday, August 30, 2005 10:46 AM
Subject: [EMAIL PROTECTED] Daftar suku di Minangkabau

Assalamualaikum wr.wb ;

Menurut penelitian weesternenk asal Belanda bahwa jumlah suku yang
ada di Minangkabau saat ini telah berkembang menjadi 96 suku  . Kita
tahu  awalnya suku yang ada hanya 4 yaitu : Bodi , Caniago dari
turunan Dt Parpatiah Nan Sabatang dan Koto, Piliang dari turunan Dt
Katamanggungan . Saya tidak begitu tahu jumlah yang 96 itu terdiri
dari suku apa saja dan susah melacaknya  . Ada kecendrungan dari
orang kita tidak lazim menulis nama suku dibelakang namanya
sebagaimana   orang Batak , dan umumnya menulis gelar sesuai dengan
pepatah adat " ketek banao gadang bagala " . Padahal kalau menyebut
nama suku dibelakang nama kita akan dapat menghindari / mencegah
terjadi kawin sasuku .
Maka dari itu untuk pengetahuan kita semua mengenai jumlah suku yang
ada di Minangkabau , mohon sanak palanta yang kebetulan tahu guna
menambahkan dan melengkapi daftar suku dibawah yang telah saya mulai
antara lain :

1. Koto
2. Piliang
3. Bodi
4. Caniago
5. Sikumbang
6. Jambak
7. Tanjung
8. Kutianyir
9. Supadang
10.Malayu ( Malayu Bamban , Malayu Tabek , Malayu Jariang )
11.Sei . Napa
12.Salo
13. Simabua
14. Guci