Assalamualaikum.Wr.Wb.

Jangan Bersedih.

Tulisan ini banyak disadur (saya terjemahkan),dari
buku :" La tahzan" (oleh Dr.'Aid Qarni).Dan dibagi
dalam beberapa episod,namun bukan berdasarkan
bab,tetapi pertopik saja.Buku ini cukup bagus,kalau
saya tidak salah buku ini dulu sudah pernah ada yang
memberitakannya dan dikatakan buku terlaris di
Indonesia.

Setelah saya cari-cari,ternyata ada dua pengarangnya
dalam topik yang sama,namun isi tidak begitu jauh
beda,dan tulisan yang saya sadurkan saat ini adalah
tulisan yang saya baca,katanya lebih dari million
nuskhah yang sudah terjual.

Saya jadi penasaran,buku semacam apa sih..? Setelah
saya baca,memang cukup bagus,buku yang disertai dengan
dengan dalil-dalil dari AlQuran dan hadist,namun
tahqiq,atau takhrij hadistnya ngak disebutkan.

Pengarang mengatakan tidak menyebutkannya untuk
penyingkatan saja.Jadi bagi yang berkenan,bisa mencari
tahu surah dan ayat keberapa atau hadist ini terdapat
dimana,bisa di tahqiq,sebagaimana yang saya kerjakan
saat ini dalam risalah thesis magister saya   adalah
:"500hadis takhrij,tahqiq,syarah gharib,juga penetuan
derajat hadist,beserta terjemahan para rawi
sanadnya,juga ta'liq dari kitab jam'ul jawami'liimam
Assyuhuthi".

1) Ya ALLAH

Allah berfirman :" Setiap yang ada dilangit dan bumi
selalu meminta kepadaNya ".
Apabila laut bergoncang, ombak menderu, angin bertiup,
maka berdoa'lah orang-orang yang ada didalam kapal :"
Ya ALLAH ".

Apabila terjadi musibah yang menimpa seseorang, suatu
kaum, maka berdo'alah orang yang kena musibah itu
dengan ucapan : " Ya ALLAH ".

Apabila seorang pejalan,musafir kesesat, baik tersesat
dipadang pasir nan tandus, atau di hutan belantara,
atau sopir yang kehilangan arah,maka mereka akan
selalu berdo'a : " Ya ALLAH ".

Apabila tertutup pintu bagi orang-orang yang
membutuhkan, terkekang dengan rantai ikatan kuat,
seolah-olah tak ada jalan keluar lagi, putus lah
tali,hancur angan-angan, seolah-olah sempit jalan yang
akan ditempuh, sempit bumi yang luas ini, sesak dada
ini akibat beban berat yang kita tanggungkan, problema
yang tak pernah terpecahkan, maka berdo'alah dengan
menyeru padaNya :" Ya ALLAH ".

Bersambung