dutamardin umar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  To: [EMAIL PROTECTED]
From: dutamardin umar <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Sun, 4 Dec 2005 16:35:27 -0800 (PST)
Subject: [forum-iki] Simak Sartono Mukadis

    Bagaimana Anda melihat masyarakat kita secara keseluruhan?

Celakanya, masyarakat kita ini masih primordial. Masyarakat kita masih melihat
panutan pada tentara. Tentara adalah super-struktur dalam masyarakat. Saya
khawatir sekali. Memang tentara sudah banyak berubah paradigmanya. Tapi, belum
seluruhnya. Baru Endriartono Sutarto. Itu beliau dan staf-stafnya yang sudah
mau berubah. Tapi, ke bawah, saya kira masih belum. Masih merasa bahwa tentara
itu superior.

  Kalau masyarakat primordial, apakah masyarakat kita juga ikut salah. Atau
memang ada yang salah di masyarakat, sehingga membuat sesuatu yang sebetulnya
bukan panutan jadi panutan?

  Ya, ya. Tulisan saya ada nanti, bukunya mau jadi. Kita, bahkan pada
masyarakat akademik pun, kita masih menerapkan mental menjilat terhadap
tentara. Kita sukar sekali untuk duduk setara. ''Kamu (aparat keamanan) yang
menjaga keamanan, tidak mungkin sipil menjaga keamanan. Kamulah yang utama.''
Tapi, kita masih menempatkan (diri) di bawah militer. Akademisi sekali pun.

  http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=224500&kat_id=85