Assalamu'alaikum w.w.

  Alaaa... mohon maaf, karena sudah lama ndak
mancogok, terlalai pula pelajaran kita, padahal buku
satu ini sudah mau habis. Sekali lagi mohon maaf atas
kesibukan saya.

  Mari kita lanjutkan pelajaran kita ke halaman 100
   (Karena ndak ada yang diubah, arabnya lihat di
  buku)

Ad-darsuts tsaamina ‘asyara (pelajaran ke 18)

“al-mudarrisu : kam akhal laka yaa muhammad ?”
                Berapa orang saudara lelakimu wahai
Muhammad ?

“muhammad  : lii akhun waahidun”
             Saya mempunyai seorang saudara lelaki

“al-mudarrisu : wa kam ukhtal laka ?”
                Dan berapa orang saudara perempuanmu ?

“muhammad  : lii ukhtaani
             Saya mempunyai dua orang saudara
perempuan

“al-mudarrisu : kam ‘ajalatal lid daraajati yaa
haamiid ?”
                Berapa kah roda sepeda wahai Hamid ?

“haamid       : laHaa ‘ajalataani”
                Padanya ada dua roda

“al-mudarrisu : kam ‘iidan fis sanati yaa zakariyya ?”
                Berapakah hari raya dalam setahun
wahai Zakaria ?”

“zakariyya    : fis sanati ‘iidaani : Huma ‘iidul
fithri wa ‘iidul adh-ha”
                Dalam setahun ada dua hari raya :
aidil fitri dan aidil adha

“al-mudarrisu : yaa ibraaHiim, abuuka taajirun
kabiirun. Kam mutajaran ‘indaHu ?”
              wahai Ibrahim, ayahmu pedagang besar,
berapa kedai yang dia punya  ?”

“ibrahiim     : ‘indaHu mutajaraani kabiraani”
                Dia punya dua kedai besar-besar

“al-mudarrisu : kam nafidzatan fii ghurfatika yaa
ismaa’iil ?”
                Berapa jendela kamarmu wahai Ismail ?”

“ismaa’iil    :  fiiHaa nafidzataani”
                 Kamar saya ada dua jendela.

“al-mudarrisu : liman Haadzaanid dafatiraani ?”
                Milik siapa dua buku ini ?”

“’aliiyun       : Humaa lii “
                  Mereka milik saya

“al-mudarrisu : liman Haataanil mistharataani?”
                Milik siapa dua mistar ini ?

“yuunus         :  Humaa lii”
                   Mereka milik saya.

  ... nanti kita lanjutkan