--- Sutan Sinaro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum.w.w.
>
>     kebetulan ada Ima di depan komputer...

Hmm, da Sutan, maaf td memang sebentar buka komputer,
Ima saat itu ada dikedutaan, ada acara perlombaan
olahraga utk anak2, hbs ima main tenis meja, capek,
lihat kom, baca email uda, makanya lgsg balas, mgkln
saat itu da Sutan ada didepan kom, sementara hbs balas
email uda, ima lgsg off, turun kebawah lagi, dan baca
email ini pas malam hari, setelah gosok baju anak2 dan
suami(hehehe, byk kerjaan, namanya juga ibu RT), sudah
capek dr luar, PR menanti setumpuk banyaknya, tp
senang aja koq kerjainnya, sambil nonton, lihat flm
Arab,..

hmmm..mau cerita dikit, selingan aja,..sedih deh
flmnya, seorang wanita kampung yg miskin, di minta utk
menikah dgn anak lelakinya yg kebetulan istri anak
lknya tersebut mandul, sang ayah ingin cucu dr sulbi
anaknya sendiri, maka jalan satu2nya nikah dgn pr lain
dlm jangka waktu spi melahirkan, stlh itu diceraikan.

Sang pr kampung itu setuju krn demi membantu ibu dan
adiknya sekolah, ia korbankan dirinya, menikah
sementara.

Setelah perjanjian, sang ayah td selalu mengirimkan
biaya utk ibu pr miskin td, sementara pd keluarganya
dikatakan anaknya bekerja di LN(Kuwait), padahal ia
ada di Mesir juga.

Pr yg miskin td menikah, dgn anak org kaya td. Anaknya
tersebut seorang dokter kandungan. Mulanya berat bagi
sang anak menikah dgn pr yg tdk ia cintai, tp ia
selalu menuruti apa kt ortunya. Ia juga menikah dgn
istri yg skrg krn ortunya juga, menikah dgn anak paman
sendiri.Anak yg patuh pd ortu memang, begitupun ia
tetap mencintai istrinya(pulang kabako istilah orang
Minang kali)

Takdir Allah berkata lain, sang anak mulai jatuh cinta
pd perempuan kampung tadi, selama hampir setahun dan
sang istri memang hamil, cinta bersemi dan terjalin
antara keduanya.

Terjadilah pertengkaran antara anak lk dgn istri
pertamanya, namun pr kampung td tau diri, meminta sang
suami agar jgn spi rusak RT suaminya dgn istri pertama
hanya gara-gara dirinya, begitu baiknya ia(wah jarang
ada pr zaman skrg yg baik begitu yah, biasanya malah
Belanda minta tanah, dikasih hati minta
jantung.hmm..hm..hm..). bagaimana kelanjutannya
ceritanya..

Akh..ngak usah dipikirin, (biar saya aja yg tahu akhir
cerita tersebut, hehehee, ibu guru yg nakal, bikin
murid penasaran), ini cerita flm di tv saya ceritakan
menghilangkan kebosanan dan ngantuk saja koq.

Mari kita simak jawaban saya bahasa Arab yg da Sutan
tanyakan ini.

>   Saya mau tanya sedikit yang dulu-dulu juga... ini
> hanya untuk memastikan saja...
>   kata yang dibelakang yang di- jar- kan juga ikut
> di jar kan juga yaa... atau bagaimana..?
>   misalnya... sayyaaratul mudarisil jadiidi   ...
> begini ?.

Ini ngak tepat.

>                    atau sayyaaratul mudraisil
> jadiidun

Yang benar yg ini.

>                    atau sayyaaratul mudarisul
> jadiidi...
Ini lebih salah lagi, karena syayyaratulnya sdh salah.
Bukankah ia mudhaf/mudhafun
ilaihi?(syayaaratulmudarrisi=mobil guru)
Mudhafun ilaihi selamanya(abadan), baris bawah?

>   mana yang dipakai...?.

Yg dipakai yg kedua.

>   Ini soalnya kebingungan ketika mengatakan
>      ila madiinatul munawwarati
Ila madinatil munawwarati.

Madinatil munawwarati= majrur, dan ia juga na'at wa
man'ut=sifat dan yg disifati.
Ingat undang-undang sifat dan yg disifati selallu sama
baris akhirnya.

Jd ngak sama contoh yg uda berikan kedudukannya dengan
contoh yg kedua. Yg satu jar wa majrur, mudhaf/mudhfun
ilaihi,
Sementara contoh kalimat kedua sifat dan yg disifati.
Jd huruf jar dan yg dijarkan, atau kalimat sesudah
yang di jar (dibaris bawahkan) itu tergantung
kedudukannya sebagai apa?

Duh repot kelihatannya bahasa Arab ini yah..? Ngak
juga sih, asal mau bersabar menghadapinya. Ngak ada yg
susah dalam hidup ini, dan ngak ada yg sulit untuk
belajar itu, kuncinya cuman sabar dan tekun aja koq.

>   atau ila madiinatil munawarati
Ilalmadiinatilmunawarati.

(harus ada aliflamnya) pd kalimat munawwarati. Karena
ia mudhafun ilaihi.

>   atau ila madiinatil munawwaratun...

Ini lebih kacau lagi da Sutan.

>   Terima kasih seblumnya

Sama-sama da Sutan.

Tlg Fwdkan saja ke Rn email ini, tentu ini berguna
bagi yg suka belajar bhs Arab.

Wassalamu'alaikum. Rahima.