Masak sih Da..saya juga pernah wawancara dengan orang BPPT katanya
jarak dapat tumbuh di daerah tropis dengan curah hujan antara 300-1000
m . tanaman ini cocok  didaerah Nangroe Aceh Darussalam (NAD),
Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Jawa, Bali, NTB, NTT, Papua
dan Sulawesi.

sekedar info juga ayah saya  beberapa bulan lalu sudah menanam jarak
seluas 4 hektar untuk percobaan. bibitnya didapat dari perbukitan di
daerah saya. jadi jarak yang alami yang sudah teruji dan kata orang
sih lebih tahan hama juga. Pertumbuhannya bagus kok..

salam,

--- In [EMAIL PROTECTED], Syafruddin Ujang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Waalaikumsalam, wr, wbr.
>   Sakadar manambah info, duo minggu nan lalu ambo wawancara jo Pak
DR.Ir. Darwis SN di Bogor. Liau mangatokan rang Minang jan bamimpi
mananam jarak. Jarak hanyo akan bisa ditanam di daerah kering, seperti
NTT dan sebagian Jawa Tengah (yang sudah punya kawasan kering).

>   Demikian, tks.
>   Syafruddin AL, Sutan Mudo
>
> Z Chaniago <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>   Assalamu'alaikum WW
>
> Sekadar berbagi...sasoal jo Jarak Pagar..... jarak pagar merupakan
> alternatif sumber energi ok, tetapi penanaman jarak pagar itu tidak
semudah
> yang dibayangkan .... memang zaman japang berhasil...tetapi , mari
kito liek
> penanaman jarak pagar satahun -duo belakangan.... di Cirebon ber
> hektar-hektar jarak pagar....GAGAL....salamo iko urang manyangko
Jarak Pagar