KEGITAN DAI DI SUMBAR

  Buaya H. Mas’oed Abidin dan saya mulai beberapa tahun belakangan ini mencoba
secara kecil-kecilan membantu keperluan biaya dakwah Dai di Sumbar, terutama di
Mentawai, Lunang, Sitiung dan Pasaman. Tahun lalu banyak sedikitnya sudah mulai
berhasil usaha kami ini. Di Jakarta saya bersama teman-teman mengumpulkan
zakat/sedekah dengan cara saling menyampaikan antara teman. Kalau dilihat,
sekarang pengamalan Agama Islam SUMBAR mulai menurun. Kalau hal ini tidak
dicarikan jalan keluarnya, maka pengamalan Agama Islam di SUMBAR akan lebih
menurun lagi. Menurut kami penyebabnya adalah diantaranya kurang aktifnya Dai
berdakwah karena kekurangan biaya, apalagi harga-harga barang kebutuhan tidak
pernah turun, selalu naik terus.

  Menurut kami untuk mengatasi kesulitan Dai ini, mau tidak mau kita harus
atasi dengan gotong royong, sistim yang kita miliki selama ini di Minang,
dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, lapisan atas, menengah dan bawah.
Harus dipasamokan ba-rami-rami.

  Yang sangat diperlukan dalam hal ini adalah kemauan (keamuhan) kita semua
untuk turun tangan. Sekarang perlu kita sosialisasikan “ BUDAYA AMUAH “Asa lai
amuah, apo sajo nan sarik bisa kito salasaikan.

  Untuk mensosialisasikan budaya AMUAH ini dapat dilakukan dengan cara
konpesional maupun dengan cara modern yaitu menggunakan kemajuan teknologi
telekomunikasi sekarang, diantaranya dengan fasilitas internet.

  Sebagai contoh cara konpensional yaitu dengan menumpangkan acara Dakwah pada
acara apa saja yang dilakukan oleh masyarakat, termasuk pengumpulan dana untuk
Dai.

  Hari Minggu 8 Oktober 2006 kemaren ini saya dirumah melaksanakan acara buka
puasa bersama, sholat taraweh dan ceramah/diskusi agama.
  Pada acara ini dapat dikumpulkan untuk :

   Dai sebesar Rp. 3.600.000,- ditambah 2 kodi kain sarung.
   DAMI (Dana Abadi Minang Internasional) sebesar Rp. 2.000.000,-

  Kesempatan pengumpulan dana ini hanya dengan waktu 15 menit.
  Ini contoh kalau lai AMUAH, bisa berhasil. TIDAK ADA HASIL, TANPA MENCOBA
SUATU USAHA.

  Pelaksanaan pengumpulan dana secara begini, kan tidak sulit asal mau
melaksanakannya. Kalau semua lapisan masyarakat melakukan hal seperti ini,
dapat dibayangkan berapa bayak uang dapat dikumpulkan.
  Menurut pendapat saya masalah Dai ini harus kita letakkan pada PRIORITAS
PALING ATAS, kalau tidak generasi penerus kita nantinya mau jadi apa, sulit
dibayangkan, mau dibawa kemana Minangkabau ini yang dulu terkenal kuat
agamanya, malah sebagai PELOPOR AGAMA ISLAM, dengan ulama-ulama besar seperti
Buya Hamka, Muhammad Natsir dan lain-lain.

  Sebagai penutup dengan ini saya mengajak kita semua untuk menyisihkan zakat,
infaq dan sedekahnya untuk keperluan Dai kita ini. Apalagi kita lakukan dalam
bulan suci Ramadhan ini, dimana Allah menjanjikan pahala mulai 70 kali lipat
hingga tak terbatas bagi muhsinin.

  Dengan menyisihkan zakat, infaq dan sedekah ini, menurut saya kita secara
bergotong royong membuka pintu SORGA sebesar-besarnya untuk kita masuki secara
ber-ramai-ramai pula.

  Mari kita sisihkan zakat, infaq dan sedekah kita untuk mendukung PERJUANGAN
DAI KITA, kalau tidak kita yang kedepan, siapa lagi, orang lain tentu akan
mengutamakan Dai mereka pula.

  Selamat menjalankan Ibadah puasa dan semoga mendapat malam Lailatul Qodar,
Amin.

                                                    Jakarta, 10 Oktober 2006.

                                                    Ir. H. Razali Nazir, MSc.
                                                    Jl. Kemang Selatan XII Kav.5