Assalamu'alaikum wr. wb.

Pagi tadi ambo mengantarkan pembantu ke stasiun kereta api Sudimara. Pembantu
akan pulang kampung ke Serang menggunakan kereta patas ekonomi yang penuh
melebihi kapasitas, dengan anak-anak muda belagak jagoan berkumpul di atas
atap kereta.

Di salah satu sudut, ada papan pengumuman tertulis kereta untuk wisata ke
Ancol beroperasi tanggal 25 hingga 30 oktober berangkat pukul 8.37 WIB.
Ongkosnya Rp 19.500.

Ambo belum tahu minat warga menggunakannya dan belum sempat ngecek ke petugas
kereta. Namun ambo lansung terpikir kondisi di ranah. Andaikan saja, ada
kereta untuk wisata yang terorganisir di Minang, alangkah hebatnya kondisi
pariwisata kita.

Berikut ini daftar point of view kereta wisata kita yang ambo ambil dari
tulisan pak Saaf yang masih dikeep da Nof. (mohon maaf ke Sekjen dan Pak Saaf
telah lancang mengutip)

a)Padang.
1)Stasiun dan Bengkel KA Simpang Haru.
2)Kereta Api Wisata ke Pariaman.
3)Pantai Bungus.
4)Lampu Suar.
5)Museum Adityawarman.
6)Pabrik Semen Indarung.
7)Lapangan Golf Indarung.
8)Taman Nasional Bung Hatta.
9)Kampus Universitas Andalas.
10)Kampus Universitas Bung Hatta.
11)Stasiun TVRI.
12)Pasar Kampung Jawa.
13)Bangunan Kuno di Muaro dan Pasa Gadang..
14)Jembatan Siti Nurbaya dan Gunung Padang.
15)Pantai Malin Kundang.
16)Jalur ke Mentawai, untuk oleh raga bersilancar.
17)Dst

b)Padang Panjang
1)Lapangan Golf Batang Anai.
2)Jenbatan Kereta Api Batang Anai.
3)Air Mancur.
4)Sate Syukur dan Mak Adjat.
5)Restoran Mak Datuk.
6)Pasar Baru..
7)Pusat Diokumentasi dan Informasi Minangkabau.
8)Sekolah Tinggi Seni.
9)Sekolah Diniyah.
10)Permandian Lubuk Mata Kucing.
11)Industroi ukir dan singket di Pandai Sikek.
12)Dst.

c)Batu Sangkar,
1)Istana Pagar Ruyung.
2)Ustano Rajo dan Batu Batikam.
3)Bukit Pato, tempat kesepakatan Piagam Bukit Marapalam.
4)Dst.

d)Bukit Tinggi.
1)Ngarai Sianok.
2)SMA II/eks Sekolah Raja.
3)Monumen Bung Hatta.
4)Perpustakaan Bung Hatta
5)Monumen Pesawat RI 003 Avro Andon di Gadut.
6)Bukit Embun Pagi, lokasi terbang layang.
7)Monumen Perjuangan Atas Ngarai/ eks lokasi rapat pembentukan PDRI menghadapi
Agresi Belanda Kedua.
8)Benteng ‘Fort de Kock’.
9)Kebob Binatang.
10)Pasar Atas.
11)Observatorium Bintang di Palupuh.
12)Jalur ke situs Bonjol, benteng kaum Paderi.
13)Ja;lur ke Halaban, lokasi pembentukan PDRI, 22 Desember 2948.
14)Dst.

e)Solok.
1)Hotel di pinggir Danau Singkarak.
2)Makan ikan bilih dan rinuak di Ombilin.
3)Dst.

f)Sawah Lunto.
1)Mueum Tambang.
2)Museum Kereta Api.
3)Lapangan Pacuan Kuda.
4)Dst.

Belum lagi, kemarin mimpi-mimpi kereta wisata yang disampaikan uni Hanifah dan
lainnya.

Demikian dulu, maaf sebelumnya.
Wassalam
erwin