Ass Wr Wb dunsanak mantari yth

Lasuahlo mambaco tulisan dunsanak. Awak tunggu carito nan lain no dih.

Kalau njik awak pribadi, nonton HBH dun iyolah kesempatan manonton acara seni
Minang. Sangaik sesono awak kalau ucapan sapatah kato dari ... ( urang pantiang
biasono), mamakan wakatu lamo-lamo. Apo li kalau nan disampaikanno serius
pulo...

Ado kaliamaik dunsanak nan manarik...

Materi dan kedudukan masih menjadi pertimbangan kita
dalam bersilaturahmi.  Semakin hebat sebuah komunitas, jika semakin
banyak pejabat dan orang kaya yang yang hadir di halal bi halal
komunitas itu

Tamanuang hanifah mambaco tulisan dunsanak dun. Tabayang suasana HBH IKM di
Bengkulu. Katiko banyak urang awak nan jadi pejabat dan jadi pengusaha atau
pedagang yang sukses, suasana gedung sangat semarak. Pentas dihiasi Pelaminan
Minang yang mewah. Kue / singgang ayam  nan di lelang dapat menghasilkan duit
dengan jumlah yang besar dalam waktu yang singkat.

Tahun lalu... pentas indak lai dihiasi pelaminan, kue pun alah agak susah kasia
ka di jua.

Oh ya, ciek kalamahan acara di Jogja.. pentas dan baju penyanyi, asalan sajo.
Indak mencerminkan kalau itu pesta budaya Minang..

Wass

Hanifah

mantari_sutan <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Tolong dibaca aturan di footer dibawah
--------------------------------------

Bulan ini memang musim halal bi halal (HBH).  Mulai dari halal bi
halal keluarga saparuik, lalu halal bi halal nagari, kecamatan juga,
daerah kabupaten/kota, kawan-kawan SMP dan SMA, lalu halal bi halal
kampus bagi yang kuliah.  HBH ini juga bisa di bagi lagi untuk
tingkat jurusan, fakultas atau di tingkat universitas.  Itu bagi
yang hanya sekolah sampai level S1 saja.

Tak jarang, di lingkungan RT ada halal bi halal juga. Sewa bis,
jalan ke puncak atau ke Ciater.  Bak kecek kawan ambo, kok
dipaturuikkan sadonyo, abih dek HBH sajo karajo kito.  Pitih abih
pulo deknyo. Semua HBH ini intinya sama, menjaga silaturahmi.
Katanya orang yang rajin bersilaturahmi, bisa bikin panjang umur.

Jujur, saya paling jarang ikut halal bi halal pasca lebaran ini.
Tidak tau kenapa, malas aja.  Mungkin karena pusing mikirin pitih
yang udah abis selama lebaran kemaren.  Kalau kumpul-kumpul saya
suka, apalagi dengan kawan-kawan yang sabaun.  Selalu saya sempatkan
hadir.  Tapi kalau halal bi halal, saya jarang ikut.  Menurut saya,
banyak basa-basinya.

Minggu lalu, saya menghadiri halal bi halal. SMS beberapa kawan lama
membuat saya bersemangat datang.  Sungguh sudah hebat kawan-kawan
saya itu.  Ada yang sudah jadi manager, Letnan Satu, Kapten baru,
punya toko di tanah abang.  Beda lah ama saya, yang masih jadi
tukang teriak-teriak jualan obat di sebuah kantor iklan.  Dan waktu
pun tiba.  Hari minggu, saya pun berangkat dari rumah.  Tujuan: Aula
sebuah SMK di kawasan ragunan.  Saya tiba, acara sudah dimulai. Lagi
ada pidato sambutan. btw, bagian ini yang membuat saya malas hadir
di acara halal bi halal.  Kalau tidak salah yang lagi ngomong di
depan, salah seorang eselon satu di departemennya pak Hata Rajasa.

Saya memilih tak masuk ruangan.  Nongkrong aja di luar sama
mahasiswa-mahasiswa dan kawan lain yang sama-sama telat. Ngobrolin
ini itu tentang betapa hebatnya orang-orang yang hadir.  Orang Jawa
kelahiran kota saya banyak juga yang datang, ada yang jenderal
segala.  Memang hebat!  Rangkaian pidato menjadi sayup-sayup saya
dengar sampai terdengar suara MC teriak menyuruh hadirin menyicipi
hidangan makan siang.  Ada menu spesial: Gulai Jariang!

Dan, saya pun masuk ke dalam, berdua sama kawan adik saya yang
kuliah di Jakarta.  Celingak celinguk mencari kawan-kawan yang
pernah sms tempo hari nyuruh datang.  Sebuah suara memanggil saya.
Melongok, ternyata suara Pak xxxx.  Beliau kawan ayah saya di APDN
dl.  Kiat pun sempat bertetangga di sebuah komplek Pemda sampai
suatu ketika kami harus pulang kampung karena ayah dinyatakan tidak
bersih lingkungan.

Ternyata si Bapak ini mewakili walikota di acara halal bi halal ini.
Saya bangga, disapa pejabat yang lagi ngobrol sama Sofyan Wanandi.
Bersalaman pula lah awak sama Pak Sofyan Wanandi. Orang sekeliling
saya banyak yang melihat.  Heran mungkin.  Anak muda pake celana
jeans, kaos oblong, sendal jepit (eiger sih mereknya) ngobrol sama
Pak Wali dan Pak Sofyan.  Lalu, saya pun pamit pada mereka.  Mau
ngantri makan dulu. Selama antri makan, banyak yang menyalami saya.
Umumnya Bapak-Bapak.  Dari sekian banyak yang salaman itu, hanya
satu yang saya kenal.  Omnya temen saya.  Apa karena saya abis
ngobrol sama Pak Sofyan Wanandi, orang-orang yang jadi baik begini.
Tapi bisa jadi mereka memang ikhlas ingin menebar salam
keselamatan.  Mudah-mudahan begitu, shuudzon kan gak baik.

Owh.. sudah kepanjangan ternyata.  Saya masih ingin bercerita lagi.
Tapi yang ini sudah kepanjangan.  Kalau mau diterusin boleh-boleh
aja, cukup reply postingan ini.  Cuma satu pelajaran yang saya
tangkap, halal bi halal masih seperti dalam benak saya.  Tak ada
yang berubah.  Materi dan kedudukan masih menjadi pertimbangan kita
dalam bersilaturahmi.  Semakin hebat sebuah komunitas, jika semakin
banyak pejabat dan orang kaya yang yang hadir di halal bi halal
komunitas itu.  Apalagi kalau penguasa tanah perantauan dan penguasa
kampung halaman juga sengaja datang menghadiri.

Wassalam,

Mantari Sutan, di milis lain: UBGB