From: Wariki Sutikno <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, November 24, 2006 3:44:50 PM
Subject: [Imsa] Re: Pulang Basamo (Visit West Sumatra) 2008

Assalaamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.
  Sebagai orang Timur (Jawa Timur, maksudnya) saya
mengakui keindahan alam Sumatra Barat. Alhamdulillah
saya sudah keliling hampir seluruh wilayah Indonesia,
dari Aceh sampai Irian Jaya, namun Sumatra Barat punya
keindahan tersendiri. Saya jatuh cinta dengan
pemandangan alam di Indonesia, namun di Sumatra
Baratlah saya menemukan cinta itu dengan lebih
sempurna (bener lho...), kita bisa jalan2 keliling
propinsi dengan sebentar2 melihat keindahan alam yang
baru dan baru dan baru lagi.
Tentu saja lebih khusus saya sangat sangat menikmati
keindahan alam Maninjau dan kota Bukit Tinggi
sekaligus dengan ngarai Sianauk dan gua Jepang-nya
(gua Jepang ini membuat saya nggak respek sama
Jepang). Di pagi hari air danau Maninjau sangatlah
hangat, apalagi kita tinggal persis di tepi danau,
ibaratnya bangun tidur subuh pun kita bisa langsung
lompat ke danau yang tenang, nyaman, dan ya itu...
dengan air yang sungguh hangat. Siang dikit kita bisa
menikmati hidangan ikan bakar dengan nasi anget dan
sambal ulek fresh....aduh.... terasa seperti sudah di
pinngir danau sana! Alhamdulillah saya sudah dua kali
berkunjung ke Sumbar dan insya Allah saya dan keluarga
akan mengulangi dan mengulanginya lagi.
  Saya juga punya apresiasi khusus dengan kota Padang
Panjang, Batu Sangkar, dan alam lembah Anai. Padang
Panjang sebagai pusat pendidikan (ingat Sumatra
Thawalib)telah banyak menelorkan tokoh2 nasional. Batu
Sangkar sebagai pusat kerajaan Pagaruyung dengan
kemegahan rumah gadang Minang yang bernilai
arsitektur, seni, dan sosiologi yang amat tinggi.
Sementara lembah Anai dengan air terjun dan jembatan
kereta yang melintas sungguh membawa hati kita penuh
aroma keindahan, kedamaian, dan pengakuan akan
keagungan Sang Pencipta. Danau Atas dan Danau Bawah
tampak dari pesawat begitu alami dan damai, sayang
saya belum sempat mengunjunginya, demikian pula
Payakumbuh, saya masih penasaran ingin tahu.
  Bisakah kita melestarikan keindahan alam ciptaan
Illahi ini? Jawabnya tidak perlu ragu: KITA HARUS
BISA; dan saya sangat sangat menghargai dan mendukung
upaya pulang basamo tadabur alam seperti ini, termasuk
pula peningkatan gerakan menjaga tradisi luhur dan
eksistensi Islam di Ranah Minang. Semoga Allah SWT
menganugerahi kita panjang umur dan insya Allah kita
dapat ikut berpartisipasi bersama keluarga.
  Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
  Wariki Sutikno
Urbana, IL.

Sukseskan Pulang Basamo 2008
visit: www.west-sumatra.com