Tolong dibaca aturan di footer dibawah
--------------------------------------

waalaikumsalam

makanya Karl Marx menyatakan agama sebagai candu..kesalahan
pemerintah memilih katering kok malah dianggap perbuatan Tuhan yang
menguji umatnya..jadinya ya begini tiap tahun gak ada yang beres
setiap program pemerintah selalu amburadul..dan ujung2nya disebut
sebagai "cobaan Tuhan"..

salam

--- In [EMAIL PROTECTED], Riri - Mairizal Chaidir
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Tolong dibaca aturan di footer dibawah
> --------------------------------------
>
> Assalamualaikum wr ab.
>
>   Seperti saya duga sebelumnya, dalam menanggapai kasus ini, akan
ada saja yang menganggap bahwa ini suatu "cobaan".

>   Bahkan Amirul Haj Tarmizi Taher, meminta kepada jemaah untuk
menerima cobaan sebagai ujian memperoleh haji mabrur (Harian Kompas,
Selasa, saya copy kan di bawah)

>   Wuaduh Bapak, kalau begitu, pengusaha katering dan pihak yang
menunjuk perusahaan baru tsb sebagai penyedia jasa katering tunggal
perlu diberi penghargaan ...?

>   Riri
>
>   Pemerintah Gagal Melayani Haji
>

>   Jakarta, Kompas - Pemerintah akhirnya tidak mampu mengatasi
persoalan gagalnya suplai makanan dan minuman kepada sekitar 189.000
anggota jemaah haji Indonesia pada musim haji tahun ini. Pemerintah
tidak hanya dituntut meminta maaf, tetapi juga harus bertindak tegas
kepada pihak yang bertanggung jawab.

>   Menurut laporan yang diterima Kompas dari sejumlah anggota
jemaah, hingga Minggu (31/12) malam suplai makanan di Mina ternyata
masih buruk.

>   Di Jakarta, fraksi-fraksi di DPR mendesak Menteri Agama Maftuh
Basyuni untuk mengundurkan diri karena gagal menangani pelaksanaan
ibadah haji. Apabila tidak bersedia mundur, fraksi-fraksi menantikan
ketegasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menangani berbagai
persoalan.

>   "Perlu ada perlakuan sama. Aziddin saja diberhentikan sebagai
anggota DPR karena terlibat soal katering haji, apalagi ini
menyangkut perasaan umum jutaan warga Muslim. Saya tidak mau soal
ini berimbas kepada Presiden Yudhoyono dan Wapres Kalla," kata Priyo
Budi Santoso, Wakil Sekjen Partai Golkar yang juga Wakil Ketua
Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar.

>   Minggu siang, puluhan anggota jemaah haji mendatangi Kantor
Daerah Kerja Mekkah. Mereka menuntut jatah makan yang sampai saat
ini belum mereka terima. Dalam suasana emosional, mereka diterima
oleh Menteri Agama Maftuh Basyuni dan Amirul Haj Tarmizi Taher.
Beberapa anggota jemaah tak kuasa menahan tangis saat menceritakan
penderitaan mereka di Arafah maupun di Mina.

>   Ketua Tim Pengawas DPR Hasrul Azwar, Senin, mengatakan, sejumlah
anggota jemaah marah kepada utusan haji Indonesia, bahkan beberapa
anggota jemaah sempat merusak peralatan elektronik yang ada seperti
komputer dan mesin fotokopi.
>   "Perusakan ini sebagai wujud kekecewaan yang tidak tertahankan
lagi atas buruknya pelayanan yang diberikan pemerintah kepada
jemaah," ujarnya.

>   Mereka meminta ketegasan Maftuh mengenai kesanggupan menyediakan
makan bagi mereka. "Saya sudah telepon muasasah. Alhamdulillah,
mulai siang ini sampai besok akan ada makanan untuk jemaah
Indonesia," kata Maftuh.

>   Ternyata janji Menag itu pun tidak terpenuhi untuk seluruh
jemaah. "Kami baru mendapat makan Minggu malam pukul 23.30. Banyak
anggota jemaah yang pusing dan kembung," kata Wahab Arief dari
Maktab 57.

>   Sejumlah anggota jemaah agak tertolong dengan adanya makanan
kering yang disediakan oleh sejumlah dermawan. "Kami belum terima
makanan sampai Senin siang," kata Niken, seorang anggota jemaah dari
Bandung.

>   Amirul Haj Tarmizi Taher, Senin, mendatangi tenda-tenda jemaah
haji Indonesia di Mina. Ia meminta kepada jemaah untuk menerima
cobaan sebagai ujian memperoleh haji mabrur.

>   Kecaman dan penyesalan atas kegagalan pemerintah melayani jemaah
haji Indonesia itu tidak hanya berdatangan dari jemaah, tetapi juga
dari berbagai kalangan masyarakat.
>   Kelaparan yang dialami jemaah haji Indonesia di Arafah dan Mina
merupakan kezaliman yang tidak bisa diterima. "Itu sebabnya, pejabat
penanggung jawab pelayanan haji diminta mengundurkan diri dari
jabatannya," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din
Syamsuddin.

>   "Saya mengetuk hati Pemerintah RI untuk secara terbuka
menyatakan kesalahannya sekaligus meminta maaf secara tulus kepada
seluruh jemaah haji yang menderita akibat keterlambatan katering
tersebut," kata Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Hasyim
Muzadi.

>   Ketua Fraksi Persatuan Pembangunan Endin AJ Soefihara
mengatakan, fraksinya berencana menggunakan hak interpelasinya
terkait kegagalan pelayanan haji itu. "Persoalan laparnya jemaah ini
bukan kesalahan biasa, tetapi telah merusak nama baik bangsa
Indonesia," ujarnya.

>   Ketua Partai Amanat Nasional Sayuti Asyathri mengatakan,
penanganan jemaah haji oleh pemerintah memang sangat memalukan. Tak
ada satu pun negara lain pernah mengalami hal seperti itu. "Ini
mencoreng wajah bangsa kita," katanya. Memang pemerintah berjanji
akan mengembalikan uang jemaah haji untuk tujuh kali biaya makan dan
minum di Armina sebesar 105 riyal. "Tetapi persoalannya tidak bisa
dianggap selesai," ujarnya.

>   Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) Syarief Hasan yang turut
dalam rombongan haji mengatakan, "F-PD meminta Menag harus mengakui
kegagalannya dan mengundurkan diri sebagai wujud
pertanggungjawabannya kepada rakyat."