Assalamualaikum w.w. Dunsanak Achmad Ridha,

  Kalau sekiranya belum lengkap silakan dilengkapi, Dunsanak, bersama dengan
para dunsanak lainnya yang faham dengan hukum Islam ini. Yang penting, gerak
kearah kompilasi hukum ABS SBK ini perlu dimulai, supaya kita orang Minangkabau
bisa mempunyai pegangan norma yang lebih jelas dan lebih pasti.

  Wassalam,
  Saafroedin Bahar.

Ahmad Ridha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

On 2/4/07, Saafroedin BAHAR wrote:

> Secara pribadi saya percaya bahwa saatnya memang sudah matang untuk itu,
> antara lain karena sudah ada Kompilasi Hukum Islam (1991), sehingga pada
> dasarnya yang perlu kita susun adalah komponen adatnya.

Pak Saaf, menyimpang dari masalah Pulang Basamo 2008, apakah Kompilasi
Hukum Islam (KHI) tahun 1991 itu dianggap sudah final? Rasanya baru
sedikit sekali permasalahan yang dimasukkan di dalamnya dibandingkan
dari yang seharusnya. Kalau tidak salah dalam KUHP kita perzinaan
hanyalah delik aduan, itupun yang boleh mengadu hanya pasangan yang
berzina (alias hanya dalam masalah perselingkuhan). Sehingga dua orang
yang tidak berstatus menikah dan bukan dalam konteks prostitusi boleh
saja berzina tanpa khawatir dihukum pidana (paling digerebek
masyarakat).

Kalau KHI itu dianggap final dan tidak ada upaya untuk memasukkan
hukum Islam lainnya wah rasanya umat Islam Indonesia tidak akan pernah
maju kecuali kalau menanggalkan agamanya.

Terima kasih sebelumnya, Pak.

Wassalaamu 'alaykum,
--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, Juni 2008.
dengan mendaftarkan juga email anda disini dan kedua mirror diatas.

Don't be flakey. Get Yahoo! Mail for Mobile and
always stay connected to friends.
Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, Juni 2008.