Belasungkawaku untuk penduduk Salayo.  Betapa proses keseimbangan
alam ini dirasa menyengsarakan masyarakat Salayo.  Semoga kita bisa
mengambil hikmah dari semua ini.

Salayo adalah sebuah nagari di kecamatan Kubung.  Kota Solok
sebenarnya juga bagian dari Kubung.  Kota Solok adalah jelmaan dari
daerah yang dinamakan Kubung Tigo Baleh Korong.  Tiga belas korong
ini dijadikan sebagai kelurahan.

Jika anda berjalan dari Padang Panjang atau Muaro Bungo, Salayo
dimulai dari perbatasan kota Solok dan berakhir di Koto Baru.  Koto
Baru adalah ibukota lama kabupaten Solok.  Saat ini areal bekas
perkantoran Bupati dijadikan kampus UMMY (Universitas Mahaputera
Muhammad Yamin).  Saat ini wilayah Salayo sudah sulit dibedakan,
karena sudah menyatunya pemukiman penduduk.  Bagi orang yang baru
lewat, sulit membedakan apakah kita masih berada di Solok atau sudah
berada di Selayo.  Tahu-tahu kita sudah sampai di Cupak.

Selayo cukup sering saya lewati.  Kalau pergi ke Padang saya selalu
melewati nagari ini.  Terutama ketika masih tinggal di kawasan
Solok.  Sampai sekarang pun masih sebenarnya.  Cuma kita sudah punya
alternatif lain sejak kami tinggal di kampung.  Perjalanan dari
kampung kami ke Kota Padang hampir sama jika melewati Sicincin atau
lewat Sitinjau Lawik.  Cukup beruntung memang.  Sehingga kita sering
pergi lewat Solok dan pulang lewat Silaiang.

Saya lupa hari pakannya Salayo.  Sebenarnya nagari ini tidak perlu
bersusah payah punya pasar sendiri.  Toh berjalan kaki sedikit saja
sudah sampai pasar Solok. Alasannya, demi kejayaan nagari mungkin.
Yang jelas, dulu di seberang pasar selayo ada warung nasi enak.
Dulu kita sering makan di sana.  Menu favoritnya Gulai Ikan Ameh.
Sangat enak menurut kami sekeluarga.  Ketika ayah masih bertugas di
Solok, setiap hendak rapat ke Koto Baru suka mampir di situ dengan
kawan-kawannya.  Saya pun sering diajak.  Sampai-sampai si udanya
kenal dengan Ayah.

Ketika melihat foto rumah roboh di Salayo akibat gempa hari ini.
Cukup terenyuh juga.  Dan saya juga punya teman orang Salayo.
Khawatir juga.  Saya telpon lah dia.  Menanyakan apakah Amak dan
keluarganya selamat.  Katanya Alhamdulillah selamat.  Dan mulailah
ia bercerita tentang kantor BRI yang roboh dan seterusnya.

Semoga Salayo segera bangkit dari duka!

UBGB

Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, Juni 2008.