Do'a Bersama untuk Keselamatan Negeri, di Masjid istiglal diundur menjadi
Minggu 1 April 2007, karena Jumat 16/3/7 hal sama diadakan Menag.

T O L O N G  MENOLONG
  Oleh : K Suheimi

  “Tolong menolonglah dengan sesamamu” pesan guru saya dalam satu pelajaran
“karena Rasulpun berpesan “ kata beliau. “Mudahkanlah kamu akan di mudahkan;
lapangkanlah kamu akan dilapangka. Irhammu fil Ardh  Yarhamkum fissamaak.
Kasihanilah yang di Bumi maka yang dilangit akan mengasihimu”
  Kalimat-kalimat dan pitaruah guru ini selalu tergiang dan membekas di
sanubari saya. Ini adalah hukum global, dan beginilah harusnya hidup di dunia
jika ingin mendapatkan kedamaian di hati, ketenraman di jiwa dan ketenangan
dalam perasaan.
  Dan pesan orang tua minang pada anaknya “Jangan tetawakan orang jatuh, tapi
bersyukurlah kalau anda tidak jatuh, dan sebaik-baik pekerjaan adalah menolong
orang dalam jatuh”.
  Kok sanang jalang-manjalang, kok sakik silau-manyilau, kok mati
janguak-manjanguak. Banyak caro manolong urang, tolong jo pitih jo harato,
tolong jo jariah jo tanago, saindak-indaknyo  tolong jo aka pikiran, jo do’a
jadi juo. Sauleh rimah dalam litak labiah lah gadang manfaatnyo dari sakancah
nasi, katiko kanyang.
  Betapa terenyuhnya saya ketika saya menyimak dan mendengar siaran Radio
Classy Fm  yang berceritra prihal tolong menolong. Kisah bagus ini ingin saya
sampaikan pada pembaca setia;
  Andi sedang menyetir mobilnya, tiba-tiba berhenti ia ketika melihat seorang
wanita tua membutuhkan pertolongan, mobil wanita tua itu mogok. walaupun dengan
tersenyum, namun wanita tua itu tetap merasa kwatir, setelah menunggu beberapa
lama tidak seorang pun yang bisa dimintai pertolongan, kecuali pemuda tersebut
yang berada dilokasi. Andi penampilannya  tidak terlalu baik, wanita tua itu
dapat merasakan bahwa dirinya begitu ketakutan, berdiri sendirian didalam cuaca
yang begitu dingin. “ maaf buk, saya kemari untuk membatu ibuk, dan kenapa
tidak masuk kedalam mobil saja, bukankah disana lebih hangat”. “oh ya nama saya
Andi” Wanita tua tersebut masuk kedalam mobil untuk menghangatkan dirinya.
kemudian Andi masuk kedalam kolong mobil wanita tua itu untuk memperbaiki yang
rusak.  akhirnya ia pun selesai, tetapi ia kelihatan begitu kotor dan lelah
Wanita tua itupun membuka kaca jendela mobilnya “saya merasa tidak hanya cukup
mengucapkan terima kasih kepada anda atas
 pertolongan yang sudah diberikan”. dan wantia tua itu pun akan membayar
berapapun yang diminta Andi, karena ia membayangkan apa yang akan terjadi jika
lelaki tersebut tidak menolongnya. Andi hanya tersenyum, “Terima kasih buk atas
perhatian anda, tapi menolong orang bukan suatu pekerjaan, karena itu saya
tidak mengharapkan imbalan dari anda. dan saya yakin apabila menolong seseorang
suatu hari nanti tuhan akan menolong saya dengan tangan yang berbeda. karena
amal itu terus berputar dan bila ibu benar-benar ingin membalas jasa saya,
suatu saat nanti apabila anda melihat seseorang ingin membutuhkan pertolongan
maka tolonglah orang tersebut dan ingatlah kepada saya”.
  Andi menunggu sampai wanita tua itu menstater mobilnya, dan lalu hilang dari
pandangannya. setelah  jauh berjalan, wanita tua itu melihat café kecil, ia
lalu mampir kesana untuk makan dan beristirahat sebentar. seorang wanita
memberikan handuk kecil untuk mengeringkan rambunya yang basah. wanita tua
itupun memperhatikan pelayan yang sedang hamil dan masih begitu muda lalu
teringat pada andi.
  Setelah wanita tua itu selesai makan, dan sang pelayan sedang mengambil
kembalian untuknya, wanita tua itu pergi secara diam-diam. setelah kepergiannya
sang pelayan itu kembali, sang pelayanan itu bingung, tidak menemui wanita tua
yang makan dimeja itu. lalu ia menemukan secarik kertas dan menemukan uang $
1.000.
  Ia begitu terharu setelah membaca apa yang ditulis wantia tua tersebut. “Kamu
mungkin bingung membaca tulisan saya ini nak, tapi yang jelas kamu tidak
berhutang apapun kepada saya, karena ada seorang pemuda yang bernama Andi yang
menolong saya diperjalanan. oleh karena itulah saya ingin menolong kamu, maka
inilah yang harus kamu lakukan, jangan pernah berhenti untuk memberikan cinta
dan kasih sayang”.
  Malam ketika sipelayan pulang dan akan tidur, pelayan itu berpikir uang dan
apa yang ditulis wanita tua itu, bagaimana ia tahu kalau ia dan suaminya
membutuhkan uang untuk menanti kelahiran bayinya. Ia tahu bagaimana suaminya
sangat risau mengenai hal ini. lalu ia memeluk suaminya yang terbaring
disebelahnya dan memberikan kecupan yang lembut sambil berbisik, semuanya akan
baik-baik saja “Andi aku mencintaimu”.

  “Sekecil apapun kebaikan yang dilakukan “ pesan guru saya “ia akan
mengikutimu kemanapun kau pergi, dan kebaikanmu itulah nanti yang akan
menolongmu pada saat dan tempat yang tak kau duga”. Mengakhiri ceramahnya guru
saya berkata “Bukankah yang kau tuai hari ini adalah yang kau tanam kemarin?
Dan apa yang kau tanam hari ini pasti kau tuai esok”
  Pekerjaan tolong menolong ini pulalah yang kami kerjakan di Simabur dalam
rangka Dies Unand yang ke 50, kami melakukan pegabdian masyarakat pada keluarka
kurang mampu di Simabur B Sangar. Hari itu 22 Januari 2006 dengan memakai alat
laparoskopi, alat canggih kami lakukan kontap wanita sebanyak 22 orang, seperti
tampak pada gambar.
  Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Suci Nya dalam Al Qur'an

  "Kenapa kamu tidak tolong-menolong?" (QS. 37:25)
  Dan Kami tolong mereka, maka jadilah mereka orang-orang yang menang. (QS.
37:116)

Expecting? Get great news right away with email Auto-Check.
Try the Yahoo! Mail Beta.