Do'a Bersama untuk Keselamatan Negeri, di Masjid istiglal diundur menjadi
Minggu 8 April 2007. Meriahkanlah.

Pak Saaf & sanak2 lainnyo,

  Ambo melihat "training" ESQ ini adalah salah satu pilihan yang ada dari
sekian banyak training yang tersedia dalam berbagai bentuk, aliran dan metoda,
baik berbentuk pengajian rutin dengan mengundang atau mendatangi
ustad/guru/pakar agama, baik yang lokalan maupun dari luar daerah, atau masuk
sekolah formal, pasantren, beli buku atau kaset, dll.

  Pilihan ini saya analogikan seperti food court atau rumah makan yang
menyediakan berbagai macam pilihan. Kalau misalnya kita datang ke sebuah food
court, dan lidah kita baru bisa menerima dendeng balado/randang/gulai cubadak,
apokah kito maraso paralu untuak meraso tagaduah karano disekitar situ ado pulo
nan bajaga gepuk, pecel lele, gudeg, ifumie, dll.

  Pilihan nan ado bisa kito piliah sesuai kemauan dan kemampuan kito masiang2.
Baa kalau paruik indak litak atau sadang indak basalero, tantu indak paralu
pulo sato makan. Baitupun urang lain, yang indak mak nyus kalau makan nan hobi
di kito.

  Dan kembali kepada persepsi dan referensi, saya juga tidak merasa ada yang
salah terhadap kesan yang ditangkap yang berbagai pihak tentang ESQ. Saya coba
analogikan dengan misalnya ada 5 orang yang melihat seorang wanita muda
melintas didepannya. Komentar atau yang ada di pikiran 5 orang tersebut bisa
saja berupa :
  Orang 1 <pengusaha butik> : Mode/potongan bajunyo nampaknyo bisa di tiru ko
mah.
Orang 2 <mantri kesehatan> : Sakik apo paja ko, agak pucek mukonyo.
Orang 3 <pengusaha> : Nampaknyo paja ko cocok untuk jadi sales produk ambo.
Orang 4 <ustad> : Astagfirullah, calon masuak narako pajako.
Orang 5 <???> : Hmm, buliah ko mah...

  Jadi, objek yang samo, bisa/akan ditanggapi babeda pulo dek urang yang
mampunyoi referensi yang babeda. Selama referensi ke 5 orang tersebut belum
sama, rasanya perdebatan & diskusi antara ke 5 orang tersebut rasanya akan
sepakat untuk tidak sepakat. Jadi kalau kita mau bilang sama si pengusaha butik
kalau pendapatnya salah, rasanya kita harus agak/cukup mengerti (bukan merasa
mengerti) dunia bisnis busana. Dan kalau kita merasa tidak perlu untuk mencari
titik temu dengan persepsi si pengusaha butik, tentu tidak juga tidak perlu
untuk agak/cukup mengerti pula masalah bisnis busana tersebut.

  Jadi, tanggapan & komentar ambo sabalunko sabanyo labiah dek karano banyak
yang takajuik dan agak negatif dalam menyikapi fenomena ESQ, yang menurut ambo
rasonyo bisa kita lihat secara biasa-biasa saja.

  Sedikit tambahan komentar. Kebetulan ambo pernah ikuik training ESQ yang 3
hari. Dek karano perbedaan referensi tadi juo, selamo 3 hari tersebut, ambo
samo sekali tidak merasa kalau ambo sedang beribadah, tidak merasa sedang
berdoa, dan juga tidak merasa sedang di diskotik. Karano latar belakang ambo
dari teknik dan dapek tugas untuk mendapatkan customer, yang membuat ambo
terkesan adalah materi presentasi yang diperkuat dengan bukti2 science, teknik
presentasi yang diperkuat dengan rangsangan audio & visual secara bersamaan,
serta "permainan" psikologis banting/angkat keras/lunak yang ciamik. Kombinasi
3 hal tersebut sepertinya membuat training selama 3 hari penuh tersebut
terlalui tanpa terasa letih & penat, dan tanpa ada rasa kantuk sedikitpun, yang
sering saya alami walaupun trainingnya cuma 1 hari, atau katiko mandanga
katubah sumbayang jumat (kadang sampai talayang), walaupun katubah tu cuma
sekitar 30 mnt.

  Sekali lagi,mohon maaf kalau talabiah, takurang, atau kurang berkenan.

  Salam - Defnil, 41th.

  --- In [EMAIL PROTECTED], Saafroedin BAHAR <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Do'a Bersama untuk Keselamatan Negeri, di Masjid istiglal diundur menjadi
> Minggu 8 April 2007. Meriahkanlah.
>
> Assalamualaikum w.w. Dunsanak Defnil,
>
> Terima kasih banyak atas penjelasan Dunsanak mengenai
> fenomena ESQ ini. Memang kondisi masyarakat kita di
> dalam dunia yang bukan saja semakin kompleks tetapi
> juga berubah dengan cepat ini, kelihatannya
> menimbulkan semacam kehausan akan pegangan batin, yang
> diisi oleh ESQ-nya Ary Ginanjar. Ada seorang sahabat
> saya yang pernah mengikuti acara ini, dan demikian
> terobsesi dengan 'pencerahan' yang beliau peroleh,
> [...]

Never miss an email again!
Yahoo! Toolbar alerts you the instant new Mail arrives. Check it out.