Salam hormat,
Langsung saja,bukan maksud saya memperpanjang
kesalahpahaman di antara kita tapi saya hanya tidak
mau dikatakan salah jika saya merasa benar(saya ambil
ilmu ini dari buku kepemimpinan yang saya
pelajari,semoga sikap saya ini tidak salah).
Tolong cek sekali lagi e-mail anda dimana pada awal
pembuka surat dengan sangat jelas menuliskan "Fajar
Hartanto yang terhormat" yang dengan demikian dapat
saya artikan,anda menyapa saya dan mengalamatkan
pertanyaan anda ke saya.
Saya merasa perlu membalas e-mail ini karena ternyata
dalam bahasa Indonesiapun,masih ada kawan seperjuangan
yang kurang tepat mempergunakannya.Mas (dan juga
mbak,kalo ada yang baca),dulu saya memang tidak
percaya ketika salah seorang dosen saya mengatakan
kalo secara administrasi,pelaut Indonesia itu masih
jauh dari baik tapi ternyata sekarang hal itu
benar-benar terbukti,sekali lagi maaf.
Sekedar informasi untuk kita semua.Seorang kawan saya
bekerja sebagai staf di bagian personalia salah satu
perusahaan di Semarang.Tugasnya hanya mengecek surat
lamaran yang masuk apakah sudah sesuai dengan standar
penulisan lamaran yang baik.Jika dia menemui surat
yang tidak sesuai baik dari segi
bahasa,susunan,lampiran,dsb,maka ia berhak
menyimpannya di kardus,sebaliknya jika ia merasa surat
itu layak diterima,maka ia akan meneruskan ke
atasannya untuk di-acc pembuatan surat
panggilannya.Nah,bagaimana jika sistem itu juga
diterapkan di perusahaan2 pelayaran,tentu bahasa kita
ga' boleh belepotan dong.
Satu hal lagi,sayapun tidak mau jika orang Indonesia
dikatakan tertinggal tapi saya juga tidak mau munafik
dengan keadaan bangsa kita.Memang "Right or
wrong,Indonesia is my country",tapi kalo tidak
tertinggal tentu rencana Era Tinggal Landas yang dulu
sudah dipersiapkan tidak terlunta-lunta sampai hari
ini,malah jadi Era Tinggal Kandas,bagaimana ini?
Dalam satu seminar Achievement Motivation Training
yang pernah saya ikuti,seorang pembicara mengatakan
"Ability in perform effectively communication is only
one key among all keys that you'll need for moving,but
this's the most important key because you'll never
find something without communication".Mudheng khan??
Sekali lagi,saya tidak bermaksud menyalahkan atau
berlagak sok pandai,tapi itulah kenyataan yang saya
alami sendiri saat saya bekerja di Foreign-going
vessel.Seorang AB diangkat jadi Pumpman dan sebaliknya
Pumpman turun jadi AB hanya karena pak AB pandai
berbahasa Inggris.Seorang Master saat diinspeksi oleh
Jabatan Marine minta ditemani Chief Officer karena
takut tidak dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
Masalah ketinggalan atau tidak,memang banyak indikator
yang harus diperiksa tapi selama masih dapat ranking
korupsi,masih dianggap negara teroris,dsb,tentu kita
masih ada di urutan bawah bukan???
Ah,sudahlah,buat apa dibahas,yang penting mari kita
renungkan bersama dan jadikan pecut untuk kita
melangkah ke depan,kalo boleh pinjem judul lagunya
SO7,kita harus bisa Melompat Lebih Tinggi.
Salam.

--- Tarmizi Mizi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> Fajar Hartanto <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> Sdr.Tarmizi yang terhormat juga...
> Maaf sebelumnya,sepertinya anda agak salah
> mengalamatkan pertanyaan anda ke saya karena saya
> sendiri juga sedang mencari peluang bekerja.
> Sekali lagi maaf ya,apa anda salah menerjemahkan
> e-mail saya kepada Bp.Yoeliyanto yang saya tulis
> dalam
> bahasa Inggris,tolong dicek sekali lagi.
> Terima kasih.

--- Tarmizi Mizi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Fajar Hartanto yang terhormat
> Seputaran ne Pak,saya Punya Sertifikat ANT-III

{\rtf1\ansi\ansicpg1252\deff0\deflang1033{\fonttbl{\f0\froman\fcharset0

5.41.15.1507;}\viewkind4\uc1\pard\qc\lang1057\ul\b\f0\fs24
> IV

\trowd\trgaph108\trpaddl108\trpaddr108\trpaddfl3\trpaddfr3

\clbrdrl\brdrw15\brdrs\clbrdrt\brdrw15\brdrs\clbrdrr\brdrw15\brdrs\clbrdrb\brdrw15\brdrs

\cellx570\clbrdrl\brdrw15\brdrs\clbrdrt\brdrw15\brdrs\clbrdrr\brdrw15\brdrs\clbrdrb\brdrw15\brdrs

\cellx2700\clbrdrl\brdrw15\brdrs\clbrdrt\brdrw15\brdrs\clbrdrr\brdrw15\brdrs\clbrdrb\brdrw15\brdrs

\cellx5040\clbrdrl\brdrw15\brdrs\clbrdrt\brdrw15\brdrs\clbrdrr\brdrw15\brdrs\clbrdrb\brdrw15\brdrs

\cellx6480\clbrdrl\brdrw15\brdrs\clbrdrt\brdrw15\brdrs\clbrdrr\brdrw15\brdrs\clbrdrb\brdrw15\brdrs
> Nr.\cell

Remarks\cell\row\trowd\trgaph108\trpaddl108\trpaddr108\trpaddfl3\trpaddfr3

> [...]
\cell\row\trowd\trgaph108\trpaddl108\trpaddr108\trpaddfl3\trpaddfr3

=== message truncated ===

Start your day with Yahoo! - Make it your home page!
http://www.yahoo.com/r/hs

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/vbOolB/TM