Dear All Seafarer's

Sungguh patut kita bersyukur rekan-rekan milis/pelaut masih mempunyai
kepedulian
terhadap Bangsa dan Negara tercinta Indonesia; terutama setiap masukkan
mengenai
perlu tidaknya Pelaut membayar Pajak Penghasilan-nya.

Dari setiap informasi yang masuk, rata-rata menaruh harapan dan keinginan
untuk
sumbang saran mencari solusi terbaik, pemecahan persoalan apa dan bagaimana
menyikapinya.

Saya mencoba mencari data dan informasi tentang Pajak Penghasilan Luar
negeri,
tapi sampai saat ini saya belum menemukan UU-nya dan Peraturan yang
mendasari
Pajak Penghasilan luar negeri, kenapa saya gunakan istilah dalam tanda petik
"Penghasilan Luar Negeri"; karena bagi mereka/Pelaut yang bekerja di atas
kapal
berbendera asing dapat dikategorikan mendapat Penghasilan dari luar negeri;
logika
nya kapal yang berbendera asing otomatis membayar pajak dan register
fees-nya
di negara dimana kapal tersebut di daftarkan, begitu juga dengan
perusahaannya
walaupun misalnya mereka berlayar di perairan nasional (RI) pajak
penghasilannya
akan tetap dibayarkan dimana perusahaan tersebut didaftar.

Sekarang kita coba menganalisa; untuk contoh yang konkrit; kenapa setiap
pelaut Indonesia yang akan berangkat bekerja di luar negeri/ kapal asing
dibebaskan
membayar fiskalnya (BEBAS FISKAL) yang Rp1 juta itu; disini kita sedikit
dapat menarik
kesimpulan; bahwa ada Peraturan yang menyatakan untuk setiap "WNI' yang akan
bekerja di luar negeri (di kapal asing) maka dibebaskan dari kewajiban
membayar
Fiskal (coba dikonfirmasi di imigrasi Bandara).

Saya belum mendapatkan informasi tentang kewajiban membayar pajak
penghasilan
bagi WNI yang mendapatkannya di luar negeri, dan untuk Pajak PEnghasilan
PPh.ps
21 diberlakukan untuk karyawan Tetap/ kontrak/buruh harian dll) di
perusahaan lokal
atau asing yang beroperasi di Indonesia, bilamana penghasilan perbulannya di
atas
PTKP (Pendapatan Tidak Kena Pajak); kalau di bawah PTKP otomatis tidak harus
membayar pajak penghasilan.
Jadi sangat berbeda; kalau pembayaran gaji pelaut dilakukan dengan cara
allotments", dari Instansi Pajak pasti akan melakukan investigasi/ audit;
dan saya
yakin Kantor pajak akan meng-kategorikan pelaut yang bersangkutan adalah
karyawan dari Perusahaan Pengawakan Kapal yang mengirimnya; beda sekali
kalau pelaut langsung mengirim ke rekening masing-masing keluarganya.

Instansi Pajak tidak mau tahu dari mana dan untuk siapa uang masuk, yang
jelas
kalau masuk ke perusahaan berarti satu pendapatan untuk perusahaan
(Disinilah kita harus mencoba mencari solusi terbaik; supaya tidak terjadi
salah faham antara Pelaut, Perusahaan, dan kantor Pajak).

Tugas kita, coba bandingkan dengan TKI/ TKW apakah mereka membayar Pajak
Penghasilannya? kalau mereka membayar, maka Pelaut-pun harus membayar pajak
dengan catatan sudah ada peraturan yang menjadi dasar acuan. Kita sama-sama
mencari informasi tersebut.

Wassalam,
dj

to be continued......