Dear All,
Lama Saya mengikuti milis ini tapi baru kali ini saya menanggapi sesuatu yg
saya anggap lucu dan menarik.
kenapa lucu dan menarik.
Beberapa dari Teman2 sekalian ini mengungkapkan masalah yg sebenarnya
ditimbulkan oleh mereka sendiri tapi malah digunakan untuk menyalahkan orang,
Lucu kan???
1.Diskriminasi : Maaf bukan sombong tapi selama pengalaman saya saya nggak
pernah merasa di diskriminasikan oleh orang luar biarpun saya cuman the only
melayu on board,memang ada teman2 yg merasa begitu, tapi setelah saya amati
mereka merasa begitu karena nggak dekat aja dengan yg lain(orang bule),kumpul
aja dengan orang2 kita.Jelas aja kalau kita nggak dekat dengan mereka mana mau
mereka dekat dengan kita, kita akui atau tidak fasilitas mereka ni no.satu
JELAS!!!, tapi selama kita dekat dengan mereka, dan mereka lihat kita punya
kemampuan, maka mereka pun akan mengganggap kita setara dengan mereka dan
secara otomatis pun kita dapat fasilitas no satu juga.
2.Gaji : Benar kita nggak bisa bilang gaji yg ada ni cukup atau tidak, itu
tergantung dari masing2 individu. Masalah gaji orang indonesia di luar rusak
itu benar bagi yg merasa begitu atau yg merasa tidak cukup. tapi kalau gaji yg
didapat itu kecil padahal perusahaan top, itu ya berarti kesalahan pada anda
sendiri, kenapa anda terima?????
mungkin ada dari teman2 yg bilang daripada tidak makan. TAPI itu yg bikin gaji
kita rusak diluar. Orang luar(bule) itu saya akui mereka itu lebih fair
daripada kita, mereka memperkerjakan orang tu lihat dari skill yg kita punya
bukan dari warna kulit kita. selama kita yakin kita punya nilai jual kenapa
kita takut negosiasi gaji atau menolak kalau gajinya merasa diskriminatif.toh
perusahaan nggak cuman itu.ini kalau dari segi personnal.
Dari sisi manning or broker : Ini yg paling menyakitkan kalau buat saya.
mungkin teman2 banyak yg sudah tahu ini. rusaknya gaji kita diluar negeri
adalah peran dari broker2 anda semua. mereka menawarkan skill kita dengan
standart yg rendah supaya mereka dapat client banyak. para broker itu tidak
memikirkan gaji kita ni cukup atau istilah betulnya sesuai. Yang penting mereka
dapat uang charge, malahan mereka berani menawarkan kita tanpa meminta uang
service dari client, jual murah istilahnya.
broker2 itu kalau sama calon pekerja mereka malah memandang enteng bangsa
sendiri.yg bilang kurang inilah itulah,yg nggak bisa inilah itulah. IYA kan????
Makanya tidak heran saya ni kalau sekarang para broker kesulitan mencari
pelaut2 yg bagus buat mereka pekerjakan. Karena teman2 pelaut ni sekarang udah
pintar dan pengalaman masalah ini. jadi jangan harap bisa makan bangsa sendiri.

Maaf kalau teman2 sekalian merasa saya menggurui, tapi ini setidaknya saya bisa
mengungkapkan apa yg dirasa oleh teman2 sekalian.

Cherrs
Dwi