Yang namanya kontrak kerja sekalipun di kapal ikan tidak ada yang 3 tahun,
maksimum 14 bulan.
Sudah banyak kejadian terutama dikapal-kapal ikan Taiwan, dimana pelaut (karena
dibujuk rayu dan terdesak kebutuhan ekonominya atau karena
ketidakmengertiannya) menerima saja PKL asal-asalan yang disodorkan kepadanya
lalu diteken.  Sudah banyak kejadian juga pelaut-pelaut yang bekerja
dikapal-kapal ikan Taiwan mendapat perlakuan yang tidak manusiawi, dipukul
bahkan tidak digaji.  Biasanya trik yang dipakai oleh Nakhoda dan perusahaan
untuk tidak membayar upah pelaut adalah memulangkan mereka dengan alasan tidak
bisa kerja.  Padahal mereka sudah 1 tahun bekerja dikapal. Benar-benar
perbudakan modern, dan kalau sudah begini biasanya agen/broker di Indonesia
enak-enak saja cuci tangan dengan berbagai cara.
Setahu saya kapal-kapal ikan Taiwan itu bukan dimiliki oleh perusahaan
perikanan, kapal-kapal tersebut adalah milik orang perorang yang bergabung
dalam suatu unit usaha semacam koperasi dari suatu komunitas nelayan.
Terkadang Nakhoda kapal adalah juga pemilik kapal tersebut.  Principal yang
dimaksud oleh agen/broker di Jakarta/Indonesia, sebenarnya adalah
broker/calo-calo tenaga kerja yang beroperasi di Taiwan, yang jangankan
orangnya, alamatnya di Taiwan pun kalau ditelusuri cuma alamat palsu.  Cara
kerja mereka adalah mendekati para pemilik kapal atau pengurus koperasi
setempat untuk menawar-nawarkan tenaga kerja.  Setelah dapat mereka segera cari
mangsa diberbagai negara.  Sasaran utamanya adalah pelaut-pelaut dari
Indonesia, Myanmar dan negara-negara di Afrika.  Syukur-syukur tidak terjadi
apa-apa, sebab biasanya mereka tidak akan nampak lagi setelah mendapat bayaran
dari pemilik kapal. Sialnya agen/broker di Jakarta juga berlaku sama.
 Yang lebih sial lagi tentunya pelaut, karena selain sudah membayar jutaan
rupiah untuk agen/broker di Jakarta, tidak pula mendapat upah.  Apalagi kalau
sampai terjadi hal yang lebih parah lagi, semua pada kabur entah kemana.
Dicari pakai anjing pelacakpun susahnya minta ampun.  Sasaran empuk agen/broker
kapal-kapal ikan di Jakarta adalah rekan-rekan pelaut dari daerah-daerah
seperti Indramayu, Tegal, Cilacap dll yang notabene buta segala-galanya,
sehingga mudah diakalin.
Saran saya, kiranya rekan-rekan pelaut jangan pernah mau menerima tawaran
pekerjaan dikapal ikan dengan kontrak lebih dari 1 tahun, sebab itu namanya
perbudakan.  Dan yang paling parah kita dijual bangsa sendiri untuk menjadi
budak.
Note :  Untuk mengetahui kasus-kasus yang menimpa pelaut-pelaut Indonesia yang
bekerja dikapal-kapal perikanan, terutama kapal-kapal Taiwan, silahkan hubungi
Bagian Konsuler dan Perlindungan WNI Deplu di jalan Taman Pejambon, Jakarta.
Salam,
Carel