Dear All,

Mungkin topik ini pernah dibahas sebelumnya, tapi saya nggak pernah
baca, atau saya kurang teliti....

Membaca surat dari Depkeu/Dirjen perpajakan tentang "Penjelasan lanjut
tentang bebas fiskal luar negri bagi pelaut/ pilot.
Didalm surat tersebut dikatakan, untuk mendapatkan fasilitas bebas
fiskal bagi pelaut hrus melengkapi dokomen2 dikonter bebas fiskal sbb:
1.Buku pelaut.
2.Perjanjian kerja laut yamg disyahkan pemerintah.
3.Perjanjian kerjasama antara perusahaan dengan serikat kerja yang
disyahkan pemerintah.
4.Surat panggilan dari perusahaan temapt bekerja.

Yang jadi pertanyaan bagi saya adalah point nomor 2 dan 3 yaitu
mengenai perjanjian2 yang harus disyahkan pemerintah,
Bagaimanakah caranya mendapatkan pengesahan tersebut, mengingat tidak
semua pelaut yang bekerja k luar negeri melalui agen, banyak juga
pelaut yang berangkat sendiri ke negara tempat bekerja dan tentunya
terkadang saat kita dapat chan hanya ada waktu 1 atau 2 hari untuk
mempersiapkan segala sesuatu, setelah itu harus berangkat, kalau
begitu nggak ada waktu untuk pergi minta pengesahan seperti ini.
Ada solusinya bro.......

Regards,
Bravo Seaman....