Untuk kawan2 dari Tana Toraja yang nimbrung di milis ini, kebetulan sekali ini
saya mohon infonya apalah Capt. Julius Tiranda itu masih ada ? masih sehat ?.
Saya pernah mengenal beliau seputaran tahun 1963, beliau adalah perwira lulusan
Akademi Angkatan Laut yang bertugas di Komando Djenis Kapal Selam
(Kodjenkasel). Saya waktu itu wamil, karena seluruh kapal2 PELNI ketika itu
dimiliterasi dan para ABKnya kena wajib militer, kapal2 PELNI dicat abu2 dan
dipasang senapan mesin 12,7 mm di dek dan atas anjungan.
Hanya belakangan Pak Julius Tiranda akibat imbas peristiwa GPPR (Gerakan
Perwira Progresif Revolusioner); sebuah gerakan perwira muda ALRI model "the
Young Turk" yang mau mereformasi ALRI, akhirnya dimutasi ke Departemen
Perhubungan Laut, bersama2 antara lain dengan Pak Junus Effendi Habibie dan Pak
Pongky Supardjo (keduanya ini di kemudian hari menjadi orang no. 1 di
Perhubungan Laut).
Terakhir saya dengar Pak Julius Tiranda jadi Adpel kalau tidak salah di
Palembang, itu sudah 20an tahun yang lalu.