Dear all,

Mungkin ada kesalahpahaman,

DP adalah
Dynamic Positioning,
Yaitu suatu sistem kontrol kapal dengan menggunakan jaringan komputer yang
diinstall diatas kapal,

Penggunaan sistem DP diatas kapal bertujuan untuk keselamatan dalam
pengoprasian, dimana kapal bisa mempertahankan diri sendiri melalui jaringan
komputerisasi diatas kapal. Dan juga bergerak sesuai program yg diinput oleh
dpo yg mengoprasikannya

Orang yang mengoprasikannya disebut DPO.

Tahap dp
DP Basic
- seatime minimal 1 bulan dikapal DP
DP advance
-seatime minimal 6 bulan dikapal DP
Pengajuan Ijasah
IJasah DPO yg dikeluarkan oleh Nautical Institute London Inggris.

Maaf kalau terlalu singkat.

Best regards
Pelaut bugis indonesia
DPO 11976